PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU

Muhammad ikhsan, Mu'minin (2020) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211416022_IKHSAN MU'MININ UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingin tahuan peneliti dalam pemanfaatan media pembelajaran audio visual yang ada di SMP Negeri 1 Jenangan, Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar, Jenis media ini mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih baik karena meliputi suara dan gambar. Untuk menunjang kesuksesan media ini haruslah dengan sarana dan prasarana yang memadai dan layak untuk difungsikan. Sejumlah peralatan yang dipakai oleh para guru dalam menyampaikan konsep, gagasan dan pengalaman yang ditangkap oleh indera pandang dan pendengaran berdasarkan pengertian-pengertian yang telah diberikan. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis audio visual didasari adanya masalah rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran yang menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam memperhatikan pelajaran.
Berdasarkan pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimana Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Jenangan? 2) Bagaimana implikasi Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Jenangan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Bagaimana proses Pemanfaatan Media pembelajaran Audio Visual dalam mengembangkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Jenangan. 2) Untuk mengetahui Bagaimana implikasi dari Media Pembelajaran Audio Visual dalam mengembangkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Jenangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Menggunakan studi kasus karena dalam penelitian, peneliti menekankan pada penjelasan kasus, yakni pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Jenangan. Data yang didapatkan dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisa dengan demikian, secara umum penelitian ini dilakukan dengan proses perencanaan, pengumpulan data, analisis data, dan triangulasi.
Hasil penelitian di SMP Negeri 1 Jenangan ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media audio visual yang dilakukan guru ialah kegiatan persiapan sebelum menggunakan media audio visual, kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dan kegiatan tindak lanjut dalam penggunaan media audio visual. 2) Kendala yang dihadapi guru, ialah kendala teknis dalam srana dan prasarana di dalam kelas tetapi kendala tersebut bisa disiasati oleh guru dengan persiapan yang baik sebelum pembelajaran dimulai. 3) Dampak dari pemanfaatan media pemmbelajaran audio visual di SMP Negeri 1 Jenangan khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu ialah timbulnyan semangat dan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 06:15
Last Modified: 18 Nov 2020 06:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item View Item