(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI)Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Menumbuhkan Minat Belajar IPS Siswa Kelas VII D Di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo

Wilda, Ashofa (2020) (GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI)Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Menumbuhkan Minat Belajar IPS Siswa Kelas VII D Di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211416030 WILDA ASHOFAA.pdf

Download (999kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran tradisional yang menitikberatkan pada metode ceramah, tidak melibatkan siswa aktif, sangat merugikan siswa dalam penerimaan pelajaran, siswa pasif cenderung sibuk sendiri berbicara dengan teman yang lain, tidak memperhatikan pembelajaran dikelas dengan baik, mengantuk dan bosan serta sebagian siswa tidak mau mengerjakan tugas pada mata pelajaran IPS.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil dari model pembelajaran kooperatif tipe picture and pictureuntuk menumbuhkan minat belajar khususnya bagi siswa kelas VII D pada mata pelajaran IPS.Maka penelitian ini difokuskan pada model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam menumbuhkan minat siswa dalam belajar IPS.
Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan urutan langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picturesangat di sukai oleh siswa karena lebih menyenangkan dan juga tidak monoton seperti menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik cepat merasa bosan dan bahkan tidak memperhatikan pelajaran.(2) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berhasil dalam menumbuhkan minat siswa dalam belajar IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 06:14
Last Modified: 18 Nov 2020 06:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11392

Actions (login required)

View Item View Item