Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Membuat Mind mapping Pada Tema Organisasi KehidupanTingkat SD dan SMP

Fatimaturrizkiyah, Fatimaturrizkiyah (2020) Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Membuat Mind mapping Pada Tema Organisasi KehidupanTingkat SD dan SMP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211316007_upload skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fatimaturrizkiyah. 2019. Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Membuat Mind mapping pada Materi Organisasi Kehidupan. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Faninda Novika Pertiwi, M. Pd.
Kata kunci : keterampilan, berpikir kreatif, mind mapping
Model pembelajaran yang digunakan guru sangat beragam. Hal ini mengakibatkan efektifitas serta hasil belajar pun juga beragam. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan, peneliti menemukan model pembelajaran yang tidak membosankan bagi siswa dan nyaman serta dapat menyalurkan kemampuannya dengan bertukar pendapat antar teman yaitu model mind mapping. Pembelajaran model mind mapping merupakan salah satu model pembelajaran dengan memetakan pikiran, meringkas materi menggunakan poin pentingnya saja. Khususnya pada tingkat SD dan SMP kemampuan membuat mind mapping yang memiliki perbedaan signifikan, dengan perbedaan usia dan perkembangan pola pikir yang berbeda sehingga sangat berpengaruh pada hasil belajar. Dengan adanya masalah tersebut peneliti melakukan penelitian tentang keterampilan berpikir siswa dalam membuat mind mapping pada materi organisasi kehidupan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui level keterampilan siswa SD dan SMP dalam membuat mind mapping pada tema organisasi kehidupan, (2) mengetahui profil dari keterampilan berpikir kreatif, (3) mengetahui profil dari mind mapping pada tema organisasi kehidupan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Data hasil penelitian menunjukkan beberapa perbedaan dan peningkatan dari jenjang SD ke jenjang SMP.
Pada jenjang SD dan SMP siswa memiliki level keterampilan yang berbeda pada setiap indikatornya. Pada tingkat SMP mind mapping akan lebih mudah di fahami, lebih menarik Pada profil berpikir kreatif, penjelasan siswa SMP juga lebih kompleks dibanding dengan siswa SD pada pada setiap indikatornya, kecuali pada indikator berpikir asli masih belum menunjukkan perbedaan yang signifikan. Pada profil mind mapping, siswa SD membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengerjakan mind mapping. Faktor pendukung berpikir kreatif dalam membuat mind mapping yaitu ada empat indikator yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir asli dan berpikir elaboratif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 06:10
Last Modified: 18 Nov 2020 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11391

Actions (login required)

View Item View Item