(LEMBAR KEASLIAN TULISAN DITANDA TANGANI DIATAS MATERAI) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FILM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMP MATERI POTENSI DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM TAHUN AJARAN 2020/2021

Siti, Nahdiroh (2020) (LEMBAR KEASLIAN TULISAN DITANDA TANGANI DIATAS MATERAI) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FILM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMP MATERI POTENSI DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN.docx 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran ialah proses aktif peserta didik yang mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Peserta didik dilibatkan kedalam pengalaman yang difasilitasi oleh guru sehingga terjalin kegiatan yang menyenagkan dan mendorong prakarsa siswa. Kualitas pembelajaran yang masih kurang, ditandai dengan rendahnya aktivitas siswa di dalam kelas. Media pembelajaran menepati kedudukan yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran.Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa).Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam skripsi ini adalah untukmengetahui tingkat singnifikansi pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis film terhadap hasil belajar IPS dalam materi potensi dan pemanfaatan sumber daya alam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi 287 siswa, dan dari jumlah populasi tersebut peneliti mengambil 64 siswa untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan cara tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa dan dokumentsi untuk memperoleh data sekolah. Tes dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa (pre - test) dan tes untuk mengetahui kemampuan akhir siswa (post-test). Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan data gain score yang diperoleh dengan cara mengurangi hasilpost-test dengan hasilpre-test.
Berdasarkan dari ujian hipotesis dengan menggunakan uji t yaitu Independent Sampel Test. tabel t-test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,020. Dengan menggunakan taraf kepercayaan 95%, maka nilai Sig. 0,020 kurang dari 0,05 (0,020 < 0,05). Hal ini berarti 0,020 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis film terhadap hasil belajar IPS materi potensi dan pemanfaatan sumber daya alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 06:06
Last Modified: 18 Nov 2020 06:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11389

Actions (login required)

View Item View Item