Implementasi Metode An-nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Daarul Muqamah Tempursari Sambirejo Geger Madiun

Wudda, Ma'mun (2020) Implementasi Metode An-nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Daarul Muqamah Tempursari Sambirejo Geger Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MA'MUN WUDDA 2020 ( Upload ).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wudda Ma’mun 2020. IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TPQ DAARUL MUQAMAH TEMPURSARI SAMBIREJO GEGER MADIUN. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. SUTOYO, M. Ag.

Kata kunci Metode An-Nahdliyah dan Pembelajaran Al-Qur’an.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang tidak naik kelas ke
tingkat selanjutnya, minat siswa yang menurun, dengan cara melihat hasil belajar
siswa yang merupakan dampak perubahan dari setelah adanya pelaksanaan pembelajaran, adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik perubahan yang menyangkut masalah aspek pengetahuan siswa, sikap siswa maupun keterampilan siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar, khususnya kegiatan pembelajaran Al-Qur'an dengan menggunakan Metode An-Nahdliyah. Sementara banyak permasalahan dalam kegiatan belajar Al-Qur'an yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran Al-Qur'an.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Daarul Muqamah Dsn. Tempursari, Ds. Sambirejo, Kec. Geger, Kab. Madiun ?, 2) Bagaimana Hasil Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Daarul
Muqamah Dsn. Tempursari, Ds. Sambirejo, Kec. Geger, Kab. Madiun ?.
Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan jenis
penelitian Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara
dan Dokumentasi. untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu : reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan
pengecekkan keabsahan data dengan memperpanjang waktu penelitian di lapangan
dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an
dengan menggunakan Metode An-Nahdliyah di TPQ Daarul Muqamah menggunakan sistem klasikal sesuai dengan pembagian tingkatan buku Cepat Tanggap Belajar Al-Qur'an An-Nahdliyah sebanyak 6 jilid. Terdapat tiga tahap dalam pelaksanaannya, yaitu tahap Tutorial 1, Privat Individu, dan Tutorial 2. Untuk yang Pertama, Tahap Tutorial 1 berlangsung selama 20 menit, berisi tentang kegiatan salam, do'a, absendi, dan membaca materi kemarin. Kedua, Tahap Privat Individu berlangsung selama 20 menit, berisi tentang kegiatan penyampaian materi baru, pemberian contoh bacaan dari guru, santri membaca bersama, dan guru
menyuruh membaca satu persatu. Ketiga, Tahap Tutorial 2 berlangsung selama 15
menit, berisi tentang kegiatan membaca dan menghafalkan surat-surat pendek dan
do'a harian, penilaian, do'a dan salam penutup. Hasil belajar dari Implementasi
Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Daarul Muqamah dilihat dari Aspek Adab Siswa, Ketepatan Ilmu Tajwid dan Kelancaran dalam kegiatan membaca Al-Qur'an. Ketiga aspek tersebut sering diterapkan dalam kegiatan belajar siswa namun juga terkadang perlu bimbingan dan arahan dari Ustadz maupun Ustadzah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:43
Last Modified: 18 Nov 2020 03:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11388

Actions (login required)

View Item View Item