PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY DALAM BENTUK FIELD WORK PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMP

TRI UTAMI, ERMAWATI (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY DALAM BENTUK FIELD WORK PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
TRI UTAMI ERMAWATI UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang berasumsi bahwa mata pelajaran IPS terpadu hanyalah bersifat hafalan dan proses pembelajarannya yang hanya menggunakan metode ceramah sehingga menjenuhkan. Selain itu bahan ajar yang hanya menggunakan buku paket dan LKS. Hal tersebut dapat mengakibatkan hasil belajar mereka menjadi rendah dan tidak maksimal. Hal ini dapat dilihat saat siswa setelah melakukan ulangan harian, banyak siswa yang nilainya kurang dari KKM dan harus melakukan remedial untuk memperbaiki nilai mereka yang kurang baik.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran outdoor study dalam bentuk field work pada materi kegiatan ekonomi terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa SMP, (2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor study dalam bentuk field work pada materi kegiatan ekonomi terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa SMP.
Rancangan dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang dirancang dalam bentuk quasi experiment dengan desain nonequeivalent control group design. Perlakuan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode outdoor study dalam bentuk field work pada kelas eksperimen dan pembelajaran metode tanya jawab, diskusi dan presentasi pada kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Jenangan berjumlah 183 siswa dan sampelnya adalah VII C dan VII D yang berjumlah 62 siswa, masing-masing kelas berjumlah 31 anak. Instrument tes hasil belajar berupa soal yang berjumlahkan 30 soal yaitu 25 soal pilihan ganda dan 5 soal esai serta LKS saat melakukan observasi. Pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Data gain score dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan komputer program SPSS Versi 25.
Hasil penelitian dalam rumusan pertama yaitu pelaksanaan metode pembelajaran outdoor study dalam bentuk field work pada materi kegiatan ekonomi terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa SMP terlaksana pada hari senin tanggal 9 maret 2020 (pertemuan pertama) dan hari kamis tanggal 12 maret 2020 (pertemuan kedua). Pembelajaran tersebut lokasinya berada di Pasar dan terlaksana sesuai dengan rencana. Hal tersebut dapat dibuktikan saat siswa yang dulunya di dalam kelas kurang aktif dan juga kurang memperhatikan pembelajaran tetapi saat di luar kelas mereka bisa aktif dan juga bisa bekerja sama dengan baik.
Hasil penelitian rumusan kedua ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan metode outdoor study dalam bentuk field work pada materi kegiatan ekonomi terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa SMP. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata gain score yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi (34.55) daripada kelas kontrol (21.29). hasil analisis uji Independent Sample T-Test, diperoleh nilai p-level 0.000. Nilai p-level tersebut lebih kecil dari 0.05 (p<0.05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RISMA DWI ARISONA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:40
Last Modified: 18 Nov 2020 03:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11383

Actions (login required)

View Item View Item