kegiatan pramuka untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan santri di pondok pesantren al iman putri babadan ponorogo

Sa'adah, Asna (2020) kegiatan pramuka untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan santri di pondok pesantren al iman putri babadan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PERPUS asna sa'adah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sa’adah, Asna. 2020. Kegiatan Pramuka Untuk Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Santri Di Pondok Pesantren Al Iman Putri Babadan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Drs. Waris, M.Pd.

Kata kunci: Jiwa Kepemimpinan, Pramuka

Pondok Pesantren Al Iman Putri ada beberapa kegiatan ektra dan organisasi antara lain ialah kegiatan kepramukaan yang diharapkan dapat memunculkan dan meningkatkan jiwa kepemimpinan santri. Kegiatan kepramukaan sendiri di pondok ini merupakan kegiatan wajib bagi santriwati Pondok Pesantren Al Iman Putri. Penanaman jiwa kepemimpinan pada santriwati bertujuan untuk membentuk jiwa pemberani dan bertanggung jawab dalam setiap pekerjaan ataupun kegiatan yang dilakukannya, melalui kegiatan-kegiatan kepramukaan yang diajarkan pada mereka. Pada dasarnya jiwa pemimpin itu telah dimiliki setiap manusia namun pada usia remaja tidak semua mampu menjadi pemimpin untuk anggotanya maupun diri mereka sendiri.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kepramukaan santri di Pondok Pesantren Al Iman Putri Babadan Ponorogo, (2) Untuk mengetahui dampak kegiatan pramuka dalam meningkatkan jiwa kepemimpinan santri Pondok Pesantren Al Iman Putri Babadan Ponorogo.
Untuk menjawab tujuan diatas, penelitian ini menggunakan teknik kualitatif yaitu proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain.
Hasil analisis data ditemukan (1) pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Pondok Pesantren Al Iman Putri dilaksanakan seperti pada umumnya, adanya sesi upacara, season/materi, dan praktek serta outbound. (2) Kegiatan kepramukaan di Pondok Pesantren Al Iman banyak ikut andil dalam menumbuhkan jiwa kemandirian santri, tanggungjawab dan jiwa leadership pesdik akan diasah dengan kegiatan kepramukaan lewat menjadikan mereka pinru/wapinru dalam hal kecilnya karena itu sangatlah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 01:56
Last Modified: 18 Nov 2020 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11378

Actions (login required)

View Item View Item