(PDF KAN)Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Budaya Prestasi (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo)

Putri, Azzahra Gerdha (2020) (PDF KAN)Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Budaya Prestasi (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_211216006_AZZAHRA GERDHA PUTRI..doc

Download (5MB)

Abstract

Putri, Gerdha Azzahra. 2020. Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Budaya Prestasi Siswa (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo) Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Ghafar, M.Pd.I

Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Budaya Prestasi, Siswa

Dunia pendidikan di indonesia saat ini begitu lemah karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa pendidikan itu akan membuat siswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih yang akan meningkatkan kualitas diri siswa tersebut tetapi dalam kenyataannya pendidikan di indonesia tidak sepenuhnya dapat meningkatakan kualitas diri setiap siswa dari pengetahuan yang diberikan di setiap mata pelajaran yang di ajarkan di sekolah. Dalam upaya meningkatkan prestasi siswa perlu adanya manajemen kesiswaan yang merupakan salah satu bidang operasional dalam pengelolaan madrasah yang memfokuskan dalam pengaturan siswa agar progam kesiswaan dan pembelajaran siswa yang dilaksanakan di madrasah dapat berjalan baik sesuai dengan tujuan madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan budaya prestasi siswa di MAN 1 Ponorogo (2) mengetahui dan menganalisis pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan budaya prestasi siswa di MAN 1 Ponorogo (3) mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan implikasi kesiswaan dalam meningkatkan budaya prestasi di MAN 1 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis diatas ditemukan bahwa MAN 1 Ponorogo 1) Perencanaan manejemen kesiswaan untuk meningkatkan budaya prestasi sudah baik berdasarkan analisis kebutuhan siswa dari peserta didik dan menyusun progam kesiswaan dalam melaksanakan kegiatan ini WAKA kesiswaan berkoordinasi dengan pembina ekstrakurikuler setelah itu WAKA kesiswaaan yang akan menetapkan progam kegiatan siswa . Untuk perencanaan peningkatan budaya prestasi tidak terlepas dari visi dan misi madrasah yaitu membekali peserta didik ilmu yang amaliyah, serta membiasakan peserta didik beramal yang ilmiyah dan menanamkan keimanan dan ketaqwaaan kepada Allah SWT. 2) Pelaksanaan kesiswaan di MAN 1 Ponorogo untuk pelakanaan PPDB berdasarkaan kebijakan dari Kemenag. Untuk mengerti sejauh mana kemampuan peserta didik dilakukan test interview. Dalam pelaksanaan rekrutmen peserta didik di MAN 1 Ponorogo juga terdapat jalur prestasi. Untuk Pembinaan siswa untuk meningkatkan budaya prestasi yaitu WAKA kesiswaan melakukan pembinaan akademik dan non akademik untuk pembinaan akademik yaitu dengan pendalaman materi untuk mengahadapi UN dan untuk pembinaan non akademik kegiatan esktrakurikuler serta pembinaan lomba. 3)Hasil implikasi kesiswaan di MAN 1 Ponorogo Ponorogo tingkat prestasi setiap tahunnya meningkat terbukti dengan kelulusan 100%, banyak prestasi akademik dan non akademik yang diraih peserta didik baik nilai UAN, nilai ujian sekolah, dan prestasi akademiknya lainnya seperti berbagai olimpiade yang juga mendapatkan kejuaraan baik tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten. Dengan banyaknya prestasi tersebut Waka Kesiswaan MAN 1 Ponorogo mempunyai cara untuk mempertahankan prestasi yaitu yang pertama memberikan kesempatan pada seluruh siswa untuk mengikuti lomba, yang kedua melakukan bimbingan terhadap siswa bagi mereka yang sudah memenuhi persyaratan karena banyaknya siswa maka akan terjadi seleksi dari seleksi tersebut akan dibimbing secara intensif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 02:00
Last Modified: 18 Nov 2020 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11371

Actions (login required)

View Item View Item