Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi Perbankan Dan Pendampingan Pada Nasabah KUR Di BRI Syariah KCP Blitar

Putra, Aji Binawan (2020) Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi Perbankan Dan Pendampingan Pada Nasabah KUR Di BRI Syariah KCP Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AJI BINAWAN PUTRA_210816192.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi informasi dalam dunia perbankan yang berbasis syariah hari ini sudah mencapai titik kemajuan, perbankan syariah sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam seluruh proses transaksi. Akan tetapi masih ada permasalahan yang masih ada beberapa nasabah yang mengalami kemancetan dalam membayar angsuran KUR, ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan tersebut mulai dari lokasi nasabah dan minimnya pengetahuan tentang teknologi informasi perbankan yang disisi lain teknologi informasi sangat membantu untuk memberikan informasi seputar pembiayaan KUR. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui manfaat E-Banking (Internet Banking dan SMS Banking) dan mobile banking (BRIS Online) dan pendampingan pada nasabah KUR di BRI Syariah KCP Blitar.
Penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu dengan cara mencari data secara langsung di BRI Syariah KCP Blitar. Sedangkan pendekatan yang penulis gunakan ialah pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah kemacetan pada pembayaran angsuran KUR terjadi karena kurangnya informasi mengenai pembiayaan yang diajukan, dan akses jalan yang cukup jauh. Selain itu pemanfaatan teknologi informasi dalam hal ini internet Banking dan SMS banking dalam produk KUR sebenarnya bisa membantu, akan tetapi dengan adanya perkembangan zaman, layanan internet banking dan SMS banking dianggap sudah tidak relevan lagi dipakai di zaman sekarang dan pemanfaatan teknologi informasi dalam hal ini Mobile Banking (BRIS Online) dalam dalam produk KUR dirasa sangat membantu bank dalam mendampingi nasabah yang melakukan pembiayaan KUR. Dengan adanya fasilitas seputar informasi pembiayaan KUR. Membuat Mobile Banking (BRIS Online) banyak digunakan oleh nasabah BRI Syariah KCP Blitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 01:49
Last Modified: 25 Nov 2020 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11368

Actions (login required)

View Item View Item