Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Guru Di Sma Muhammadiyah 1 Ponorogo

andrya, riegina amalia (2020) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Guru Di Sma Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi riegina MPA.pdf

Download (851kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Amalia Andrya, Riegina. 2020. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Motivasi Guru Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru
Gaya kepemimpinan merupakan cara yang digunakan pemimpin dalam mempengaruhi
para pengikutnya. Tantangan kepemimpinan menjadi tugas besar bagi setiap pemimpin
organisasi tanpa terkecuali. Demikian halnya dengan organisasi yang menuntut manajemen
tanggap memberikan solusi dalam setiap permasalahan yang terjadi. Akan tetapi, banyak kepala
sekolah yang menempatkan gaya situasional. Gaya kepemimpinan ini memiliki keterampilan
diagnostik dalam perilaku manusia yakni siapa yang dipimpin, waktu saat penerapaan dan situasi
yang tepat. Merespon hal tersebut, penerapan gaya kepemimpinan kepala sekolah sangat
mempengaruhi motivasi guru dalam menjalankan tugasnya.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan tujuan: (1)
untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi guru dalam
pembelajaran di kelas. (2) untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah untuk
meningkatkan motivasi guru dalam mengembangkan kompetensi. (3) untuk mengetahui gaya
kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi guru dalam memberikan pelayanan
di luar pembelajaran.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Dalam pengumpulan data, Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data
adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah untuk
meningkatkan motivasi guru dalam pembelajaran di kelas yakni kepemimpinan kendali bebas
(laissez Faire) akan berdampak lebih efektif terhadap peningkatan motivasi guru dalam
pembelajaran di kelas. Dengan menambah rasa tanggung jawab pada guru serta meningkatkan
rasa kepercayaan dengan kepala sekolah. (2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah untuk
meningkatkan motivasi guru dalam pengembangan diri yakni kepemimpinan partisipatif. Gaya
kepemimpinan model ini lebih dibukanya kesempatan bagi para pegawai untuk memberikan
saran-saran mengenai bagaimana sebaiknya mewujudkan rencana yang telah disusun. (3) Gaya
kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi guru dalam memberikan pelayanan
di luar pembelajaran yakni kepala sekolah menggunakan kepemimpinan partisipatif. Kepala
sekolah menyediakan peluang seluas-luasnya dan sebaik mungkin kepada bawahan untuk
berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang menguntungkan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 01:45
Last Modified: 18 Nov 2020 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11365

Actions (login required)

View Item View Item