Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMP Ma'arif 5 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Nurhaanavi, Mohammad Ervan (2020) Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMP Ma'arif 5 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-211216014-MOH ERVAN NURHAANAVI S-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurhaanavi, Mohammad Ervan 2020. Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Smp Ma’arif 5 Ponorogo. Tahun Pelajaran 2019/2020 Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Kualitas Pembelajaran
Pada kehidupan hari ini pendidikan sangatlah penting untuk membentuk karakter anak yang berwawasan luas. Sesuai dengan undang-undang tahun 2003 tentang SNP. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan nasional adalah aspek kurikulum. agar kurikulum itu berjalan dengan baik maka harus ada pengelolaan yang sistematis dan terencana dengan baik, yang dikoordinir oleh pihak pimpinan lembaga.
Dari beberapa uraian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusann masalah: (1) Bagaimana perencanaan kurikulum di SMP Ma’arif 5 Ponorogo? (2) Bagaimana pengorganisasian kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Ma’arif 5 Ponorogo? (3) Bagaimana evaluasi kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Ma’arif 5 Ponorogo? Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data. Penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumenter, dan teknik analisis data menggunakan teknik Triangulasi, Pengamatan yang tekun/keajegan pengamatan, dan Pengecekan sejawat melalui diskusi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum di SMP Ma’arif 5 Ponorogo. Melibatkan pengawas sekolah, stecholder yang ada, dan wali murid. Perencanaan kurikulum dilakukan pada awal tahun pelajaran baru. Mekanismenya yaitu melalui rapat koordinasi.Pedoman dalam penyusunannya yaitu menggunakan kurikulum tahun sebelumnya, dokumentasi, dan profil sekolah. Adapun hasilnya yaitu berupa pembaharuan kurikulum untuk tahun pelajaran yang baru. Hambatannya terkait dengan dana operasional sekolah dan sarpras. (2) Pengorganisasian kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Ma’arif 5 Ponorogo dilakukan setiap awal tahun pelajaran. Dalam penyusunanya sudah sesuai dengan prosedur manajemen kurikulum, dan juga melibat ahli. (3) Evaluasi kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Ma’arif 5 ponorogo. Melibatkan stecholder, dan pengawas sekolah. Mekanismenya yaitu setiap bapak/ibu guru mapel melaporkan hasil kegiataan belajar-mengajar selama 1 tahun pelajaran kepada waka kurikulum. dan selanjutnya diserahkan kepada kepala sekolah. Pengevalusian dilakukan setiap satu kali dalam satu tahun. Hasilnya ada beberapa point perencanaan kurikulum yang belum bisa berjalan secara optimal. Serta dari proses tindak lanjutnya sendiri yaitu berupa pembaharuan kurikulum untuk tahun berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:16
Last Modified: 17 Nov 2020 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11357

Actions (login required)

View Item View Item