Pengaruh dan Gaya Belajar Matematika terhadap Kemampuan Pengetahuan Matematis (Knowing Mathemathics) Siswa Kelas V SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Puspitasari, Irma (2020) Pengaruh dan Gaya Belajar Matematika terhadap Kemampuan Pengetahuan Matematis (Knowing Mathemathics) Siswa Kelas V SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616019 IRMA PUSPITASRI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Puspitasari, Irma. Pengaruh Gaya dan Minat Belajar Matematika terhadap Kemampuan Pengetahuan Matematis (Knowing mathematics) Siswa Kelas V SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Sofwan Hadi, M.Si.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Minat Belajar, Kemampuan Pengetahuan Matematis (Knowing mathematics)
Setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam segala hal, begitu pula dalam belajar, peserta didik memiliki perbedaan dalam menerima informasi khususnya pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya dan minat belajar terhadap kemampuan pengetahuan matematis (knowing mathematics) siswa kelas V SDTarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo yang berjumlah 28 orang. Metode pengambilan data menggunakan data angket untuk variabel bebas gaya dan minat belajar siswa, sedangkan variabel independen kemampuan pengetahuan matematis (knowing mathematics) menggunakan tes soal dan dokumentasi kelas V. teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi.
Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan bahwa gaya dan minat belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pengetahuan matematis. Koefisien korelasi gaya belajar dan minat belajar matematika terhadap kemampuan pengetahuan matematis (knowing mathematics) siswa kelas V SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo sebesar 0,527 dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,017 < 0,05 dan Fhitung 4,811. Maka Ha1 diterima dan H01 ditolak. Berdasarkan koefisien korelasi multiple diperoleh R= 0,527 berarti tingkat hubungan termasuk kategori rendah dengan R square (R2) diperoleh sebesar 0,278 atau 27,8% kemampuan pengetahuan matematis dipengaruhi gaya dan minat belajar, dengan standar estimate 9,676. Hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar dan minat belajar matematika memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pengetahuan matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:14
Last Modified: 17 Nov 2020 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11356

Actions (login required)

View Item View Item