Peran Guru PAI Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Kawedanan) Tahun Pelajaran 2019/2020

Wahyutik, Tria (2020) Peran Guru PAI Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Kawedanan) Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESES TRIA WAHYUTIK-converted.pdf

Download (994kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wahyutik, Tria, 2020. Peran Guru PAI Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Kawedanan) Tahun Pelajaran 2019/2020, Pembimbing, Dr.Muhammad Ali, M.Pd
Kata Kunci: Kesadaran Siswa, Kegiatan Keagamaan, Upaya Guru PAI
Masalah dalam penelitian ini adalah pendidikan agama di sekolah umum lebih mengarah kepada pengetahuan dan kurang memperhatikan nilai-nilai keagamaan siswa. Padahal intisari dari pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang membentuk kepribadian siswa. Berbagai masalah timbul di dunia pendidikan salah satunya adalah peserta didik itu sendiri. Oleh karena itu guru PAI mengupayakan untuk merubah pandangan siswa supaya lebih giat melakukan kegiatan agama di sekolah. selain itu sekolah memegang peran penting dalam pembentukan kepribadian siswa-siswi, juga sebagai pembentukan dasar-dasar pendidikan sekaligus kepribadian mereka di masyarakat. oleh karena itu, sebagai pendidik agama di sekolah dengan berbagai cara harus berusaha membina keagamaan anak, sehingga anak kelak menjadi teguh pendirian dan keyakinannya kepada Allah SWT.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesadaran siswa SMA Negeri 1 Kawedanan dalam mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah, (2) upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kesadaran siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan, dimana kegiatan tersebut sudah menjadi budaya di SMA negeri 1 Kawedanan. Sehingga upaya yang dilakukan oleh bapak/ibu guru PAI yaitu (1) meode keteladanan, (2) metode pembiasaan, (3) metode motivasi, (4) metode nasehat atau ceramah, (5) Metode kisah Qurani dan Nabawi, (6) metode hukuman.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan lokasi penelitian berada di SMA Negeri 1 Kawedanan Magetan. Adapun terkait teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, subjek yang diwawancarai oleh peneliti untuk digali datanya lebih mendalam, di antaranya seperti: Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, bapak/ibu guru PAI, siswa SMA Negeri 1 Kawedanan.
Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data ditemukan bahwa (1) kesadaran siswa dirasa cukup pada sebagian kegiatan keagaaan yang dilaksanakan untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah. namun pada kegiatan sholat dzhuhur dan ashar siswa kurang memiliki kesadaran untuk melaksanakan sholat dzhuhur ditunjukkan dengan perlunya bapak/ibu guru dalam mendisiplinkan siswa supaya segera menuju masjid ketika adzan berkumandang. (2) berbagai upaya telah dilakukan oleh bapak/ibu guru PAI dalam meningkatkan kesadaran siswa SMA Negeri 1 Kawedanan, upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2020 23:41
Last Modified: 16 Nov 2020 23:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11343

Actions (login required)

View Item View Item