Andany, Shofiyana Rizki Aulia (2020) UPAYA GURU DALAM MENGATASI DIFERENSIASI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_SHOFIYANA RIZKI AULIA ANDANY_210316315.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Rizki Aulia Andany, Shofiyana. 2020. Upaya Guru Dalam Mengatasi
Diferensiasi Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
di SMK Negeri 1 Ponorogo .Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Dr. AB. Musyafa‟ Fathoni, M.Pd.I
Kata Kunci: Upaya Guru, Diferensiasi Gaya Belajar
Gaya belajar merupakan cara seseorang untuk menyerap, mengatur dan
mengolah bahan informasi atau bahan pelajaran. Gaya belajar seseorang sangat
beragam karena seseorang mempunyai karakteristik yang berbeda tentu gaya
belajar atau proses pemahaman seseorang juga berbeda, dengan begitudalam
merespon stimulus atau informasi, ada beberapa siswa yang senang merespon
informasi sendiri, tetapi ada pula beberapa siswa yang merespon informasi secara
bersama-sama seperti membentuk kelompok.Gaya belajar secara umum ada 3
yaitu Visual dengan cara melihat, Auditorial dengan cara mendengarkan dan
Kinestetik dengan cara demostrasi atau disebut dengan praktek. Adapun
perbedaan gaya belajar, mengharuskan guru melayani semua perbedaan tersebut
dalam pembelajaran. Karena itulah, penelitian dilakukan.
Adapun Tujuan dalam penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui untuk
mengetahui cara guru memetakan gaya belajar siswa pada mata pelajaran PAI di
SMK Negeri 1 Ponorogo 2) Untuk mengetahui proses pembelajaran guru dalam
melayani masing-masing gaya belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK
Negeri 1 Ponorogo 3) Untuk mengetahui bagaimana guru mengoptimalkan semua
jenis gaya belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Ponorogo.
Metode dalam penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian lapangan dan memakai metode deskriptif. Tempat penelitan di
SMKN 1 Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara,
Observasi dan Dokumentasi.Keabsahan data diperoleh melalui teknik Triangulasi
data kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian upaya guru dalam mengatasi diferensiasi gaya belajar
siswa pada mata pelajaran pendidikan islam di SMK Negeri 1 Ponorogo, adalah:
1) dalam memetakan gaya belajar siswa guru mengamati gaya belajar siswa di
kelas,selain itu guru melakukan diskusi antar guru, melakukan kajian terhadap
nilai ujian siswa, dan guru memberikan kuisioner kepada siswa 2) dan untuk
melayani masing-masing gaya belajar siswa guru menerapkan metode belajar
sesuai mayoritas gaya belajar di kelas, menerapkan metode belajar yang beragam,
dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekolah 3) upaya dalam
mengoptimalkan semua jenis gaya belajar siswa pada mata pelajaran PAIadalah
melibatkan peran aktif antara guru dan siswa, menerapkan metode belajar yang
tepat, serta meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | AB. Musyafa‟ Fathoni |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 23:40 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 23:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11342 |
Actions (login required)
View Item |