Penanaman Nilai-nilai Karakter melalui Kegiatan Rutin Ziarah Makam (Studi Kasus di MI Al Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo)

Lutfiyah, Lutfiyah (2020) Penanaman Nilai-nilai Karakter melalui Kegiatan Rutin Ziarah Makam (Studi Kasus di MI Al Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SRIPSI LUTFIYAH 210616168.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lutfiyah.2020. Penanaman Nilai-nilai Karakter melalui Kegiatan Rutin Ziarah Makam (Studi Kasus di MI Al Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ali Ba’ul Chusna, M.SI.

Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Strategi Penanaman Nilai-nilai Karakter, Ziarah Makam.
Di tengah gempuran modernitas yang mengkungkung kepribadian generasi muda, kita berharap banyak pada peranan pendidikan di berbagai daerah agar tetap fokus pada pembentukan karakter, kepribadian, dan akhlak yang mencerminkan filosofi pendidikan Islam untuk menjadikan manusia pancasialis yang meliputi, nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial. Terdapat beberapa sekolah yang menerapkan penanaman nilai-nilai karakter melalui pengintegrasian dalam kegiatan sehari-hari dan ada juga yang mengintegrasikan dalam kegiatan yang diprogramkan. Dewasa ini, sekolah berlomba-lomba untuk dapat menanamkan nilai-nilai karakter bagi siswanya melalui kegiatan unggulan diantaranya adalah tahfidz, qiroah dan ziarah makam. Penelitian ini mengarah pada penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan rutin ziarah makam di MI Al Kautsar Dyrisawo Nologaten Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan rutin ziarah makam di MI Al Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo, (2) Mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan rutin ziarah makam di MI Al Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo, (3) Mendeskripsikan bagaimana penanaman nilai-nilai karakter dalam kegiatan ziarah makam dalam pendidikan karakter di MI Al Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik Milles Hiberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan kegiatan rutin ziarah makam di MI Al Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo yaitu setiap hari Jum’at dengan peserta dua rombel. Rangkaian ziarah makam meliputi salam, asmaul husna, tawasul, tahlil kemudian diakhiri dengan do’a. (2) Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan rutin ziarah makam di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo antara lain nilai karakter religius, disiplin, bersahabat dan peduli sesama. (3) Implementasi nilai-nilai karakter pada kegiatan ziarah makam dalam pendidikan karakter di MI Al Kautsar Durisawo Nologaten Ponorogo yaitu karakter religius, tujuan mengenal, mengetahui, serta dapat menghafal serangkaian tahlil yang dibaca ketika ziarah makam; karakter disiplin, dengan tujuan siswa mengetahui dan mematuhi aturan-aturan ketika berziarah makam, dan berlanjut pada waktu dan tempat tertentu; karakter bersahabat, dengan tujuan siswa terbiasa bersosialisasi dengan teman yang bukan sekelas atau pun orang lain; karakter peduli sesama, dengan tujuan siswa dapat mengenal dan memahami serta peduli terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2020 23:40
Last Modified: 16 Nov 2020 23:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11341

Actions (login required)

View Item View Item