Pengaruh Komunikasi dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BRI Syariah KCP Ponorogo

Agustina, Cahya Eva (2020) Pengaruh Komunikasi dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BRI Syariah KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi 2020 thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Agustina, Cahya Eva 2019. Pengaruh Komunikasi dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BRI Syariah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Agung Eko Purwana, S.E, M.S.I.
Kata Kunci: Hubungan, Media, Kesenangan dan Komitmen
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya loyalitas bagi kelangsungan hidup perusahaan. Karena, loyalitas pada suatu perusahaan merupakan indikator kemampuan perusahaan yang baik dalam membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Dan dengan semakin banyak berdirinya lembaga keuangan bank maupun non bank dengan sistem syariah maupun konvensional di Bri Syariah Ponorogo, peneliti ingin membuktikan loyalitas nasabah tabungan di Bri Syariah Ponorogo dengan komunikasi dan kepuasan sebagai pengukurnya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah baik secara parsial maupun simultan di Bri Syariah ponorogo. Sebagai keluh kesah dari Bri Syariah ponorogo bahwa mengenai komunikasi dan kepuasan terhadap nasabah mengenai penjelasan maupun pelayanan di Bri Syariah, nasabah kurang memahami. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi atau bahan kajian dan penelitian selanjutnya dalam menambah pengetahuan dalam bidang manajemen pemasaran khususnya mengenai pengaruh komunikasi dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah di perbankan, lembaga keuangan dan perusahaan.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel ini dengan teknik sampling purposive, dengan jumlah responden 100 nasabah BRI syariah Kcp Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS for windows Versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Komunikasi memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah di Bank BRI Syariah Ponorogo, Kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di BRI Syariah Ponorogo Secara simultan komunikasi, dan kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di BRI Syariah Ponorogo. Besarnya pengaruh yang mampu dijelaskan oleh variabel komunikasi, dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah di BRI Syariah Ponorogo ini sebesar 35,5%. Penyebab terjadinya ketidakpuasan nasabah terhadap Bri Syariah Ponorogo salahsatunya adalah kualitas layanan yang diberikank. Dengan hasil penelitian yang ada, BRI Syariah Ponorogo dapat mengevaluasi dan meningkatkan komunikasi, mempertahankan dan meningkatkan kepuasan agar loyalitas nasabah di BRI Syariah Ponorogo terbangun dan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eko Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:13
Last Modified: 16 Nov 2020 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11324

Actions (login required)

View Item View Item