POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN WALI KELAS UNTUK MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PAGUYUBAN DI SDN 1 NOLOGATEN, PONOROGO)

Ningrum, Widya Agustin (2020) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN WALI KELAS UNTUK MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PAGUYUBAN DI SDN 1 NOLOGATEN, PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210616029 WIDYA AGUSTIN NINGRUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ningrum, Widya Agustin. 2020 Pola Komunikasi Orang Tua dan Wali Kelas untuk Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Paguyuban) SDN 1 Nologaten, Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA
Kata Kunci: Pola Komunikasi dan Motivasi Belajar
Komunikasi antara guru dan orang tua murid di sekolah sangatlah penting karena semakin intensif komunikasi yang terjadi maka akan semakin kecil kemungkinan timbulnya masalah. Guru dan orang tua memegang peran penting dalam perkembangan pendidikan anak di sekolah maupun di rumah. SDN 1 Nologaten, Ponorogo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengadakan kegiatan interaksi guru dan orang tua secara rutin setiap bulan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bentuk komunikasi yang dilakukan antara guru dengan orang tua untuk membangkitkan motivasi belajar siswa di SDN 1 Nologaten,
Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pola komunikasi yang terjadi antara orang tua murid dengan guru kelas di SDN 1 Nologaten, Ponorogo, (2) mengetahui kegiatan yang dilakukan untuk menjalin komunikasi lebih lanjut antara orang tua murid dengan guru kelas dalam membangun motivasi belajar siswa di SDN 1 Nologaten, Ponorogo, (3) mengetahui dampak komunikasi antara orang tua murid dengan guru kelas yang terjadi terhadap motivasi belajar siswa di SDN 1 Nologaten, Ponorogo, (4) mengetahui hambatan komunikasi yang terjadi antara orang tua dan wali terhadap motivasi belajar siswa di SDN 1 Nologaten ,Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data utama penelitian ini yakni kata-kata dan tindakan, selebihnya dokumentasi dan lain-lain. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive dan teknik snowball, dalam memperoleh data pada penelitian untuk pemilihan awal peneliti memilih orang tua dan guru kelas yang memiliki anak didik kurang termotivasi dalam belajarnya. Peneliti menganggap orang tua dan guru kelas memiliki peran penting dalam membangkitkan motivasi belajar siswa baik dirumah dan di sekolah.
Bersumber dari observasi yang pernah dilaksanakan peneliti menemukan bahwa motivasi belajar yang tumbuh dalam diri siswa-siswi SDN 1 Nologaten, Ponorogo sudah tampak muncul. Hal ini tidak bisa dipisahkan dengan diadakannya berbagai jenis komunikasi yang sudah diterapkan oleh SDN 1 Nologaten, Ponorogo antara orang tua dan guru wali kelas seperti pertemuan setiap bulan program paguyuban karena dalam kegiatan tersebut orang tua dengan guru memiliki wadah setiap bulannya untuk mengetahui dan bertukar informasi tentang tumbuh kembang sang anak .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:33
Last Modified: 16 Nov 2020 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11310

Actions (login required)

View Item View Item