UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MUSIK DI RA MUSLIMAT NU 113 BAJANG MLARAK PONOROGO

Muzayanah, Lathyfatul (2020) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MUSIK DI RA MUSLIMAT NU 113 BAJANG MLARAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
LATHYFATUL MUZAYANAH- 211116020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
MUZAYANAH, LATHYFATUL. 2020. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Musik Di RA Muslimat NU 113 Bajang Mlarak Ponorogo (studi kasus di RA Muslimat NU 113 Bajang). Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I
Kata kunci :Upaya Guru, Kreativitas Anak Usia Dini, Musik

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan ataupun untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan baru yang berguna untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Kreativitas anak sangat penting dikembangkan sejak usia dini. Untuk mecapai perkembangan kreativitas anak maka dibutuhkan upaya guru mengembangkannya. Fakta yang ditemukan bahwa kreativitas anak di RA Muslimat NU 113 Bajang mempunyai perkembangan yang berbeda-beda, ada anak yang kreativitasnya sudah berkembang dengan baik, tetapi ada juga yang kurang dalam kreativitasnya.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan profil kreativitas anak usia dini di RA Muslimat NU 113 Bajang Mlarak Ponorogo, (2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi dan menghambat dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA muslimat NU 113 Bajang Mlarak, (3) mendiskripsikan upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui musik di RA Muslimat NU 113 Bajang Mlarak.
Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang ditemukan oleh Miles dan Hubberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) profil kreativitas anak usia dini di RA Muslimat NU 113 Bajang Mlarak Ponorogo mayoritas kategori mulai berkembang. Hal ini ditandai dengan anak sudah mempuyai rasa ingin tahu yang tinggi dan mempuyai percaya diri serta mandiri sedangkan yang lain berkembang dengan baik dan berkembang sesui harapan., (2) faktor yang mempengaruhi kreativitas anak usia dini di RA Muslimat NU113 Bajang Mlarak antara lain: peran guru yang sudah melaksanakan tanggungjawab dan tugasnya secara baik, lingkungan yang sudah baik, peran orang tua yang selalu pro aktif dalam memberikan informasi tentang perkembangan anak, dan pola asuh orang tua, faktor yang menghambat kreativitas anak antara lain: keterbatasan APE , dan belum adanya guru dalam bidang musik. (3) Upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA Muslimat NU 113 Bajang Mlarak melalui musik, adalah: guru mengajak anak untuk mendengarkan musik, guru mengajak anak untuk bernyayi dengan tepuk tangan variasi, bernyanyi sambil meniru gerakan katak, dan bermain alat musik perkusi (drumband).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:32
Last Modified: 16 Nov 2020 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11309

Actions (login required)

View Item View Item