Kegiatan Pengajian Ba'da Subuh Untuk Meningkatkan Sikap Religius Masyarakat Di Desa Sekaran Ponorogo

Barkula, Ahmad Ali (2020) Kegiatan Pengajian Ba'da Subuh Untuk Meningkatkan Sikap Religius Masyarakat Di Desa Sekaran Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AHMAD ALI BARKULA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Ali Barkula. 2020. Kegiatan Pengajian Ba’da Subuh untuk Meningkatkan Sikap Religius Masyarakat di Desa Sekaran Ponorogo. Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Nur Kolis, Ph.D.
Kata Kunci : Majelis Taklim, Sikap Religius
Sikap religius masyarakat desa Sekaran Ponorogo seperti masyarakat desa pada umumnya mengalami penurunan di era modern ini.Wawasan tentang agama harus terus ditanamkan dimasyarakat agar menjadikan pribadi yang baik budi dan pekertinya.Oleh karena itu, di desa Sekarandiadakan kegiatan pengajian ba’da subuh yang dilaksanakan di masjid Nurussalam.Kegiatan pengajian ba’da subuh di masjid Nurussalam merupakan lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan sikap religius masyarakat desa Sekaran.Dengan demikian, kegiatan pengajian bakda subuh di masjid Nurussalam di harapkan mampu meningkat sikap religius masyarakat.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka memunculkan rumusan masalah: (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pengajian ba’da subuh dalam meningkatkan sikap religius masyarakat di desa Sekaran Ponorogo?(2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan pengajian ba’da subuh dalam meningkatkan sikap religius masyarakat di desa Sekaran Ponorogo? (3) Bagaimana dampak kegiatan pengajian ba’da subuhterhadap sikap religius masyarakat di desa Sekaran Ponorogo?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif.Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kegiatan majelis taklim di masjid Nurussalam desa Sekaran Ponorogo dilaksanakan seminggu sekali pada hari jumat pagi sehabis shalat subuh sampai dengan menjelangnya matahari. Kegiatan majelis taklim ini bertepatan di masjid Nurussalam desa Sekaran. Kegiatan majelis taklim disini adalah sebagai wadah bagi warga masyarakat desa Sekaran untuk mendalami ilmu agama. (2) Adapun faktor pendukung dalam kegiatan majelis taklim adalah semangat dari bapak Rosyid dalam membimbing dan mengajar para jamaah, sekaligus antusias dari para jamaah dalam mengikuti kegiatan majelis taklim, sehingga kegiatan majelis taklim bisa berjalan sampai saat ini. Untuk fakor penghambatnya adalah kurang niat dari warga masyarakat desa Sekaran, sehingga yang mengikuti kegiatan majelis taklim tergolong sedikit.(3) Adapun kegiatan majelis taklim di masjid Nurussalam dalam meningkatkan sikap religius masyarakat di desa Sekaran ada dampak yang signifikan, dampak tersebut bisa dilihat dari para jamaah yang aktif dalam melaksanakan shalat jamaah lima waktu di masjid Nurussalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:27
Last Modified: 16 Nov 2020 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item View Item