(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA) Implementasi Metode An-nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Di TPQ Daarul Muqamah Tempursari Sambirejo Geger Madiun

Wudda, Ma'mun (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA) Implementasi Metode An-nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Di TPQ Daarul Muqamah Tempursari Sambirejo Geger Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MA'MUN WUDDA 2020 ( REVISI 2 ).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wudda Ma'mun 2020. IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TPQ DAARUL MUQAMAH TEMPURSARI SAMBIREJO GEGER MADIUN.
Kata Kunci : Metode An-nahdliyah dan Pembelajaran Al-Qur'an
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang tidak naik ke tingkat selanjutnya, minat siswa yang menurun, dengan cara melihat hasil belajar siswa yang merupakan dampak perubahan dari setelah adanya pelaksanaan pembelajaran, adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik perubahan yang menyangkut aspek pengetahuan siswa, sikap siswa,maupun keterampilan siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar, khususnya kegiatan belajar Al-Qur'an dengan menggunakan Metode An-nahdliyah. Sementara banyak permasalahan dalam kegiatan belajar Al-Qur'an yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran Al-Qur'an.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Metode An-nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Daarul Muqamah Tempursari Sambirejo Geger Madiun ?, 2) Bagaimana Hasil Implementasi Metode An-nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Daarul Muqamah Tempursari Sambirejo Geger Madiun ?
Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan deskripsi kualitatif melalui tiga tahap yaitu : reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan memperpanjang waktu penelitian dilapangan dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dengan menggunakan Metode An-nahdliyah di TPQ Daarul Muqamah menggunakan sistem klasikal sesuai dengan pembagian tingkatan buku Cepat Tanggap Belajar Al-Qur'an An-nahdliyah sebanyak 6 jilid. Terdapat 3 tahap dalam pelaksanaannya, yaitu tahap Tutorial 1, Privat Individu dan Tutorial 2. Untuk yang pertama, Tahap Tutorial 1 berlangsung selama 20 menit, berisi tentang kegiatan salam, do'a, absensi, dan membaca materi kemarin. Kedua, Tahap Privat Individu berlangsung selama 20 menit, berisi tentang kegiatan penyampaian materi baru, pemberian contoh bacaan dari guru, santri membaca bersama, dan guru menyuruh membaca satu persatu. Ketiga, Tahap Tutorial 2 berlangsung selama 15 menit, berisi tentang kegiatan membaca dan menghafalkan surat-surat pendek dan do'a harian, penilaian, do'a dan salam penutup. Hasil belajar dari Implementasi Metode An-nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Daarul Muqamah dapat dilihat dari aspek Adab Siswa, Keterampilan Ilmu Tajwid dan Kelancaran dalam kegiatan membaca Al-Qur'an. Ketiga aspek tersebut sering diterapkan dalam kegiatan belajar siswa namun juga terkadang perlu bimbingan dan arahan dari Ustadz maupun Ustadzah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:23
Last Modified: 16 Nov 2020 01:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11299

Actions (login required)

View Item View Item