(TAMBAHKAN SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI PD LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)Implementasi Budaya Religius Dalam Mengembangkan Moralitas Siswa Melalui Hafalan Satu Hari Satu Ayat Juz'ama di MI Ma'arif Kadipaten Ponorogo

Istiqomah, Lia (2020) (TAMBAHKAN SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI PD LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)Implementasi Budaya Religius Dalam Mengembangkan Moralitas Siswa Melalui Hafalan Satu Hari Satu Ayat Juz'ama di MI Ma'arif Kadipaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
LIA ISTIQOMAH 210616177.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Istiqomah, Lia. 2020. Implementasi Budaya Religius dalam Mengembangkan Moralitas Siswa
Melalui Hafalan Satu Hari Satu Ayat Juz’ama di MI Ma’arif Kadipaten. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sutoyo, M. Ag.
Kata Kunci: Budaya Religius, Moralitas, Hafalan Juz’ama Metode One Day One Ayat.
Era globalisasi menyebabkan para generasi muda dilanda krisis nilai-nilai luhur yang
mengakibatkan terjadinya berbagai kegiatan kriminal dan lunturnya nilai-nilai karakter bangsa.
Krisis tersebut bersumber dari krisis nilai moral yang secara langsung atau tidak langsung
berkaitan dengan pendidikan. Sedangkan, pendidikan sendiri merupakan salah satu wadah
pembentukan nilai-nilai moral bagi peserta didik yang pada kenyataannya seringkali dihadapkan
dengan berbagai macam tantangan dan permasalahan. Untuk itu diperlukan adanya upaya untuk
mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan
menginternalisasikan nilai-nilai moral terhadap peserta didik. Nilai moral tersebut dapat
diaplikasikan pada tataran praktis dalam pola pikir, sikap, dan perilaku sehari-hari melalui kegiatan
pembelajaran, pembiasaan dan kegiatan keagamaan lainnya, seperti dengan mengembangkan
kegiatan budaya religius. Dalam upaya mengembangkan budaya religius MI Ma’arif Kadipaten
Ponorogo memperkuat kekhasan agama islam dengan turut serta memelihara otentitas Al-Qur’an.
Salah satu upaya untuk melestarikan Al-Qur’an yakni mengadakan metode menghafal satu hari
satu ayat (One Day One Ayat) dengan target minimal hafal surah pada Juz’ama sebagai bekal
terwujudnya generasi islami yang berakhlak mulia, cerdas, terampil, dan berprestasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Adapun teknik yang
digunakan dalam mengumpulkan data adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik
Milles Hiberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan budaya
religius dalam mengembangkan moralitas siswa melalui hafalan satu hari satu ayat juz’ama di MI
Ma'arif Kadipaten Ponorogo. (2) Untuk mengetahui implikasi budaya religius dalam
mengembangkan moralitas siswa melalui hafalan satu hari satu ayat juz’ama di MI Ma'arif
Kadipaten Ponorogo.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan budaya religius hafalan juz’ama dengan
metode menghafal satu hari satu ayat (One Day One Ayat) ini merupakan suatu kegiatan rutin
yang dilakukan MI Ma’arif kadipaten sejak 3 tahun yang lalu, peserta didik setiap hari
menghafalkan satu ayat dari juz’ama sebelum memulai pelajaran, dan menyetorkan hafalannya
setiap hari sabtu, progam ini dijalankan karena mengandung nilai-nilai yang sesuai dengan Visi
madrasah, nilai-nilai tersebut dintaranya adalah jujur, percaya diri, pekerja keras, menghargai
waktu, dan mandiri. 2) Budaya religius menghafal satu hari satu ayat (One Day One Ayat) juz’ama
berdampak pada tiga aspek yaitu aspek spiritual, sosial, dan pengetahuan. Dalam aspek spiritual
yaitu bertambahnya keimanan dan ketaqwaan, hal itu tampak dari pola pikir, aktivitas-aktivitas
yang dilakukan siswa di lingkungan madrasah. Dalam aspek sosial berdampak pada ucapan dan
perbuatan siswa, seperti memiliki sikap disiplin, mengucapkan terima kasih, saling menghargai,
memiliki rasa persatuan tidak sering berkelahi, saling membantu dilingkungan sekolah. Dalam
aspek pengetahuan siswa memiliki kesempatan untuk memiliki wawasan integral dalam
memahami ilmu agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2020 03:03
Last Modified: 15 Nov 2020 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item