(LEMBAR KEASLIAN TULISAN DITANDA TANGANI DIATAS MATERAI, UPLOAD ULANG)Problematika Peningkatan Kecerdasan Linguistik Siswa dalam Kegiatan Muhadharah (Studi Kasus di MI Ma'arif Polorejo Ponorogo)

Purwanti, Lina (2020) (LEMBAR KEASLIAN TULISAN DITANDA TANGANI DIATAS MATERAI, UPLOAD ULANG)Problematika Peningkatan Kecerdasan Linguistik Siswa dalam Kegiatan Muhadharah (Studi Kasus di MI Ma'arif Polorejo Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LINA PURWANTI 210616238.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Purwanti, Lina. 2020. Problematika Peningkatan Kecerdasan Linguistik Siswa dalam Kegiatan Muhadharah (Studi Kasus di MI Ma’arif Polorejo Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.

Kata Kunci: Kecerdasan Linguistik, Muhadharah
Kecerdasan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam perihal perkembangan akal dan budi. Kecerdasan linguistik (bahasa) merupakan kemampuan seseorang mengolah kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan linguistik ini ditunjukkan dengan sensitivitas terhadap fonologi, penguasaan sintaksis, pemahaman semantik dan pragmatik. Fakta ditemukan bahwa dilihat dari sebagian siswa-siswi MI Ma’arif Polorejo, Ponorogo masih ada yang belum bisa mengolah kata-kata atau kalimat secara teratur, sehingga dalam pengucapan dan penyampaian masih memerlukan arahan dan bimbingan dari para guru.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan problematika yang ada dalam proses peningkatan kecerdasan fonologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik siswa dalam kegiatan muhadharah di MI Ma’arif Polorejo, Ponorogo; (2) menjelaskan cara mengatasi peningkatan kecerdasan fonologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik siswa dalam kegiatan muhadharah di MI Ma’arif Polorejo, Ponorogo; (3) menjelaskan cara mengatasi problematika dalam peningkatan kecerdasan fonologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik siswa dalam kegiatan muhadharah di MI Ma’arif Polorejo, Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik obserasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis mengikuti konsep Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari analisis data disimpulkan bahwa (1) Problematika kecerdasan linguistik secara umum dipengaruhi oleh faktor keluarga, orang tua, lingkungan masyarakat dan individu. Secara khusus, faktor kebahasaan dipengaruhi oleh (a). problematika fonologi, yaitu kemampuan dalam menguasai intonasi dan tempo, (b). problematika sintaksis, yaitu tentang kemampuan siswa dalam menyusun teks pidato, (c). problematika semantik, yaitu siswa belum mampu memaknai kalimat satu demi satu, dan (d). problematika pragmatik, yaitu siswa belum bisa menserasikan bahasa antara menggunakan kata baku dan tidak baku. (2) Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan linguistik siswa berdasarkan bidang-bidangnya, yaitu dilakukan dengan cara berlatih secara rutin dan sungguh-sungguh oleh siswa. (3) Upaya mengatasi problematika linguistik, yaitu dengan mendatangkan guru khusus dari luar sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan linguistik siswa dalam muhadharah, sedangkan guru pembina sebagai pembimbing memberikan bimbingan dan arahan langsung kepada siswa setiap pra acara dengan cara mengumpulkan petugas-petugas yang sudah ditentukan (breafing).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2020 03:00
Last Modified: 15 Nov 2020 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11292

Actions (login required)

View Item View Item