Upaya Pendekatan Sosial-Emosional Guru Dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Madiun

Rizqi Robbina, Mila (2020) Upaya Pendekatan Sosial-Emosional Guru Dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MILA RIZQI ROBBINA 210316256.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Robbina, Mila Rizqi. 2020, Upaya Pendekatan Sosial-Emosional Guru Dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata kunci: Pendekatan sosial-emosional, Indisipliner, Akidah Akhlak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan siswa tentang kedisiplinan pada objek penelitian, seperti bolos sekolah, kurangnya sopan santun kepada guru, datang terlambat, dan permasalahan lainnya. Selain itu, dari hasil observasi awal terdapat perbedaan cara mengajar guru pendidikan agama Islam yang satu dengan yang lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui upaya pendekatan sosial-emosional guru dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa melalui pembelajaran akidah akhlak di MAN 3 Madiun, dan (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendekatan sosial-emosional guru dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di MAN 3 Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, pemeriksaan melalui diskusi, pemanfaatan bahan referensi, dan dengan mengadakan pengecekan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Upaya pendekatan sosial-emosinal guru dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa melalui pembelajaran akidah akhlak yaitu pendekatan sosial-emosional merupakan pendekatan yang digunakan dalam pengelolaan kelas, dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN 3 Madiun guru berupaya menasehati, menegur, memberi hukuman yang dibantu oleh tim tata tertib, menciptakan suasana kelas yang kondusif dan positif, mampu menerima saran dan pendapat siswa dengan baik, serta berperilaku yang sesuai di dalam dan di luar kelas sesuai dengan akidah dan akhlak yang telah diajarkan sehingga harapannya mampu mengajak serta mencontohkan siswanya berperilaku sesuai dengan SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah Akidah Akhlak) yang diajarkan, dan (2) Faktor pendukung upaya pendekatan sosial emosional guru dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa melalui pembelajaran akidah akhlak diantaranya guru didukung dengan kebijakan kepala madrasah yaitu setiap bulan diadakan evaluasi kepada guru agar lebih baik kedepannya, tidak ada dikotomi antara semua tanggung jawab dan tugas guru, kepala sekolah selalu mengontrol dan mengawasi kinerja guru, serta guru mendukung semua kebiasan-kebiasan baik madrasah misalnya berdoa dan membaca Al Quran sebelum pembelajaran di mulai, melakukan sholat dhuhur berjamaah dan lain-lain. Sedangkan faktor penghambat nya yaitu kurangnya sarana prasarana yang memadai, kurangnya dukungan dari orang tua, kurangnya variasi dalam menerapkan metode pembelajaran, kurangnya keterbukaan antara guru dengan siswa dan kepala madrasah serta perlakuan kurang adil antara kelas satu dengan yang lainnya sehingga siswa merasa berkecil hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2020 02:58
Last Modified: 15 Nov 2020 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item View Item