PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) SISWA KELAS II SD TARBIYATUL ISLAM DESA KERTOSARI KEC. BABADAN KAB. PONOROGO TAHUN AJARAN 2019/2020

Jatmiko, Raynaldi Hanry (2020) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) SISWA KELAS II SD TARBIYATUL ISLAM DESA KERTOSARI KEC. BABADAN KAB. PONOROGO TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210616016 RAYNALDI HANRY JATMIKO 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jatmiko, Raynaldi Hanry . 2020. Pengaruh Pemberian Reward dan Ice Breaking Terhadap Hasil
Belajar Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Siswa Kelas II SD Tarbiyatul Islam Desa
Kertosari Kec. Babadan Kab. Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M.Pd
Kata Kunci: pemberian reward dan ice breaking, hasil belajar
Kegiatan belajar dan mengajar sasarannya adalah hasil belajar, jika cara dan motivasi
belajar baik, maka diharapkan hasil belajarnya juga baik. Salah satu bentuk aktivitas yang
diberikan untuk menghilangkan kejenuhan dan meningkatkan motivasi belajar, minat belajar dan
hasil belajar siswa perlu ada kegiatan yang mengasyikkan sebagai penyegar dan pendingin otak
yang terus bekerja. Oleh karena itu, peneliti akan meneliti tentang Pengaruh Pemberian Reward
dan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Siswa Kelas II SD
Tarbiyatul Islam Desa Kertosari Kec. Babadan Kab. Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk membuktikan apakah ada pengaruh
yang signifikan dengan pemberian reward terhadap hasil belajar siswa di kelas II, (2) Untuk
menunjukkan apakah ada pengaruh pemberian ice breaking terhadap hasil belajar siswa kelas II
(3) Untuk mengetahui adakah pengaruh reward dan ice breaking terhadap hasil belajar siswa kelas
II pada mata pelajaran SBdP
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dan dibagi menjadi dua
kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah angket, tes dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II A dan kelas II
B yang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun anlisis data yang digunakan
adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.
Dari hasil uji analisis yang telah peneliti lakukan di SD Tarbiyatul Islam Kertosari
diketahui bahwa pada tabel Annova diperoleh diperoleh hasil bahwa F hitung sebesar 7,743
sedangkan F tabel sebesar 4,41. Dapat diketahui F hitung > F tabel (7,743 > 4,41). Maka dapat
disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh
pemberian reward dan ice breaking terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas II SD Tarbiyatul Islam
Desa Kertosari Kec. Babadan Kab. Ponorogo dan mempunyai presentase sebesar 47,7% sedangkan
sisanya 52,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam fokus penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2020 02:48
Last Modified: 15 Nov 2020 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item View Item