ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Putri Al-Badi’iyah Kajen Pati)

MAULIDA, ZIYAN NOVI (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Putri Al-Badi’iyah Kajen Pati). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_211216015_Ziyan Novi Maulida.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Maulida, Ziyan Novi. 2020. Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan (Studi Kasus di Pondok Pesantren Putri Al-Badi’iyah Kajen Pati). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag.

Kata Kunci : Kurikulum Pendidikan, Aktivitas Pendidikan Pesantren.

Pondok pesantren mendidik para santri untuk menjadi generasi yang sholeh, baik sholeh ritual maupun sholeh secara sosial. Pesantren pada umumnya memiliki tradisi tersendiri dalam mendidik santri guna membentuk karakter yang berakhlakul karimah, salah satunya adalah dengan melaksanakan aktivitas pendidikan sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat oleh pengasuh. Pesantren yang merupakan salah satu jenis pendidikan yang berbasis keagamaan dapat mengembangkan kurikulum beserta kegiatan pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan keunikannya tersendiri. Kitab kuning sebagai referensi ilmiah bagi pesantren seharusnya lebih merupakan garis mendatar yang memberikan konsep-konsep pendekatan terhadap masalah-masalah ritual maupun sosial.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis berkeinginan untuk meneliti tentang implementasi kebijakan yang mengacu kepada nasihat tentang bagaimana suatu kebijakan pendidikan pesantren dilaksanakan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana konsep kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Putri Al-Badi’iyah Kajen Pati?, (2) Bagaimana bentuk implementasi kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Putri Al-Badi’iyah Kajen Pati?, dan (3) Bagaimana penerapan kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Putri Al-Badi’iyah Kajen Pati?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara untuk memperoleh data kemudian diproses atau diolah dan dianalisis hingga diperoleh suatu kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Konsep kurikulum pendidikan di Pesantren Putri Al-Badi’iyah Kajen Pati adalah berdasarkan pengembangan kurikulum serta keunggulan yang menjadi ciri khas di pesantren, (2) Bentuk kurikulum pendidikan di Pesantren Putri Al-Badi’iyah Kajen Pati sudah mencakup kriteria sebagaimana yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan, membentuk karakter, dan membangun peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa (3) Penerapan kurikulum pendidikan di Pesantren Putri Al-Badi’iyah dilaksanakan dalam bentuk pendidikan intelektual, pendidikan keterampilan, dan pendidikan sosial. Aktivitas tersebut memenuhi pandangan orientasi kurikulum pendidikan sebagai kebutuhan umat sangat diperlukan untuk merespon perubahan zaman dengan tetap konsisten dalam tatanan nilai Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Shidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2020 02:47
Last Modified: 15 Nov 2020 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11275

Actions (login required)

View Item View Item