(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, UPLOAD ULANG)Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di MI PSM Pupus Lembeyan Tahun Ajaran 2019/2020

Sudrajat, Wahyu Putro (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, UPLOAD ULANG)Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di MI PSM Pupus Lembeyan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210616002 WAHYU PUTRO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sudrajat, Wahyu Putro, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping
terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPA di
MI PSM Pupus Lembeyan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponrogo. Pembimbing, Faninda
Novika Pertiwi M.Pd.
Kata Kunci: Model Mind Mapping Dan Kreativitas Belajar
Pada proses pembelajaran sudah seyogyanya guru mampu mendorong siswa
untuk berpikir kreatif. Model pembelajaran Mind Mapping merupakan salah satu
model pembelajaran yang mampu membuat siswa belajar secara kreatif dalam
menghasilkan gagasan, dan mencatat secara mudah materi yang telah didapatkan.
Model Mind Mapping mengkombinasikan warna dan garis sehingga siswa mudah
mengingat materi pembelajaran. Pada mata pelajaran IPA siswa kesulitan dalam
memahami dan mempelajari sesuatu yang asing dan baru terutama dalam
pembelajaran IPA yang memiliki materi luas dan perlu penghafalan. Sehingga
siswa cenderung tidak menyukai pelajaran tersebut. Peneliti berinisiatif untuk
menerapkan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA untuk
meningkatkan kreativitas siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan
pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa kelas IV pada mata
pelajaran IPA di MI PSM Pupus Lembeyan Magetan Tahun Ajaran 2019/2020. 2)
Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap
kreativitas belajar siswa IV pada mata pelajaran IPA di MI PSM Pupus Lembeyan
Magetan Tahun Ajaran 2019/2020.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif,
Jenis penelitian yang dipilih adalah Quasi Eksperimental Design atau eksperimen
semu dengan desain Nonequivalent Postes-Only Control Group Design. Desain ini
terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan angket
dan lembar observasi. Angket disini digunakan untuk mengumpulkan data pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan untuk lembar observasi merupakan
langkah-langkah untuk melakukan pengamatan yang dilakukan peneliti melalui
penelitian lapangan sebelum eksperimen dan ketika diberlakukannya perlakuan
(treatment).
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di MI PSM Pupus Lembeyan
Magetan terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapiing terhadap kreativitas
belajar IPA siswa kelas IV di MI PSM Pupus Lembeyan Magetan. Berdasarkan uji
t-test menunjukkan bahwa nilai Sig adalah 0,097. Berdasarkan kriteria
menunjukkan bahwa 0,097 > 0,05. Karena signifikansi > 0,05 maka Ha diterima
dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran
IPA di MI PSM Pupus Lembeyan Magetan tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2020 02:44
Last Modified: 26 Nov 2020 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11273

Actions (login required)

View Item View Item