Persepsi Tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Terhadap Perbankan Syariah Di Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang

Muttaqin, Zainal (2020) Persepsi Tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Terhadap Perbankan Syariah Di Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi fix tenan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muttaqin, Zainal. Persepsi tokoh nahdlatul ulama dan muhammadiyah terhadap perbankan syari'ah di kecamatan ploso kabupaten jombang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah.
Kata kunci: Pemikiran, Kyai, Organisasi
Bank syariah berfungsi sebagai lembaga perantara keuangan atas Financial Intermediary Institution. Sebagai lembaga perantara keuangan, bank Syariah menjembatani kebutuhan dua pihak yang berbeda. Di zaman ini tidak dapat di elakkan setiap transaksi banyak yang melibatkan Bank, salah satunya Bank syariah, dimana sudah sangat berkembang di Indonesia, dan yang sangat berpengaruh dalam mensukseskan bank syariah yaitu para tokoh agama yang bersedia membantu dan mengajak pengikutnya untuk memilih bank yang sesuai dengan tuntutan agama dan tanpa riba, para tokoh agama akan sangat berpengaruh mengenai pengambilan keputusan yang di lakukan oleh jamaahnya. Masalahnya kenapa masih ada beberapa tokoh agama yang engan atau tidak menggunakan jasa bank syariah, dan bahkan mereka menggunakan bank konvensional sebagai transaksi sehari – hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi dari para tokoh agama yang mayoritas di jadikan panutan dalam menjalani hidup agar lebih baik dan sesuai dengan tuntutan agama di lihat dari beberapa faktor. Apa saja saran dari para tokoh agama untuk kedepanya supaya bank syariah lebih maju dan sukses, serta mengetahui latar belakang dari persepsi persepsi yang di utarakan oleh para tokoh agama yang telah di wawancarai. Peneliti mengumpulkan data dngan wawancara dan mengamati para tokoh agama di lingkungan ploso kabupaten jombang.
Hasil penelitian ini adalah bahwa katika bank syariah sudah dapat menggandeng para tokoh agama maka akan sangat membantu dalam memperlancar kemajuan bank syariah. para tokoh agama sangat mendukung progam dari bank syariah yang melakukan tugasnya sesuai dengan syariat islam yang baik, serta beliau mau membantu mengembangkan dengan menyarankan kepada jamaahnya agar dapat memilih perbankan yang benar, perbankan syariah tentunya, dan beliau para tokoh agama mempunyai banyak saran yang di tujukan kepada perbankan syariah agar lebih sukses dan maju, tidak kalah dengan bank konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ely masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2020 02:34
Last Modified: 15 Nov 2020 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item