UPAYA TAKMIR MASJID DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL DAN RELIGIUS REMAJA (STUDI KASUS DI MASJID BADRU RAHMAH DESA GONTOR KECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO)

Indriana, Lailatul (2020) UPAYA TAKMIR MASJID DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL DAN RELIGIUS REMAJA (STUDI KASUS DI MASJID BADRU RAHMAH DESA GONTOR KECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI E-THESIS 210316306 LAILATUL INDRIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Indriana Lailatul, 2020. Upaya Takmir Masjid Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Dan Religius Remaja (Studi Kasus Di Masjid Badru Rahmah Desa Gontor Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institul Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci : Meningkatkan Kepedulian Sosial dan Kepedulian Religius.
Penelitian ini berusaha menganalisis Upaya Takmir Masjid Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Dan Religius Remaja Masjid Badru Rahmah di Desa Gontor Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Masjid semenjak zaman Nabi mempunyai fungsi ganda, sebagai tempat ibadah dan tempat kegiatan sosial kemasyarakatan. Salah satu fungsinya dalam bidang sosial adalah kemasyarakatan dan pada bidang religius adalah tempat pendidikan dan pengajaran, serta sebagai pembentukan karakter religi. Dalam upaya meningkatkan kepedulian sosial dan religius remaja masjid maka pengurus mendukung dan memfasilitasi remaja untuk mengadakan kegiatan-kegiatan di masjid dengan tujuan mampu meningkatkan kepedulian sosial dan religius remaja serta aktif dalam kegiatan.
Untuk mendeskripsikan masalah di atas, maka peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana upaya Takmir Masjid dalam meningkatkan Kepedulian Sosial remaja Masjid Badru Rahmah. 2) Bagaimana upaya Takmir Masjid dalam meningkatkan Religius remaja Masjid Badru Rahmah. 3) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan Kepedulian Sosial dan Religius remaja Masjid Badru Rahmah. Penelitian ini menggunakan metodologi dengan pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Data dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, sedangkan sumber datanya adalah Takmir Masjid, Pengurus Masjid , Ketua Remaja Masjid, anggota remaja Masjid, serta beberapa jamaah. Yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Upaya Takmir Masjid dalam meningkatkan Kepedulian Sosial remaja Masjid Badru Rahmah di antaranya yaitu: kumpul bulanan oleh pengurus Masjid, menjengguk jamaah yang sedang sakit, gotong royong untuk membersihan masjid, takbir keliling perayaan Idul Fitri, ta’jil setiap Ramadhan, pengumpulan zakat fitrah, silaturahmi bersama ke pondok 2) Upaya Takmir Masjid dalam meningkatkan Kepedulian Religius remaja Masjid Badru Rahmah diantaranya: Shalat berjamaah, memperingati Hari Besar Islam , kegiatan bulan ramadhan. 3) Faktor Pendukung: dukungan takmir serta pengurus Masjid, memberi semangat dan menyetujui. Faktor Penghambat : Adanya beberapa remaja Masjid yang belum aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan di Masjid, ada yang sibuk dengan pendidikan, bekerja sehingga jarang aktif dalam kegiatan dan ada juga yang pasif tidak ikut dalam kegiatan di Masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2020 02:31
Last Modified: 15 Nov 2020 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11254

Actions (login required)

View Item View Item