Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Online Di Kalangan Mahasiswa IAIN Ponorogo

Mahfudhoh, Zuhrotul (2019) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Online Di Kalangan Mahasiswa IAIN Ponorogo. Other thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ilovepdf_merged.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mahfudhoh, Zuhrotul. 2019. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Online di Kalangan Mahasiswa IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Lukman Santoso, M.H.
Kata Kunci: Hukum Islam, Jual Beli, Online, Mahasiswa
Jual beli saat ini dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah menggunakan sistem online dari gawai yang sudah terkoneksi dengan internet. Jual beli online saat ini sangat diminati oleh semua kalangan termasuk kalangan mahasiswa di kampus IAIN Ponorogo. Dalam jual beli akad adalah proses yang harus dilakukan oleh penjual dan pembeli. Ada yang menggunakan akad salam karena objek barang tidak bisa langsung dikirim kepada pembeli, atau juga akad seperti pada umumnya hanya saja prosesnya melalui online dengan alat bantu gawai. Objek yang diperjualbelikan ialah barang-barang produk sehari-hari seperti pakaian, produk kecantikan, produk kesehatan, aksesoris gawai, dan lain-lain. Dengan adanya jual beli online inilah banyak mahasiswa IAIN Ponorogo yang memanfaatkannya dengan berbagai respon yang mereka rasakan terhadap jual beli online.
Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti hal tersebut di kalangan mahasiswa dari sudut pandang hukum Islam. Adapun hal yang peneliti angkat adalah (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli online di kalangan mahasiswa IAIN Ponorogo serta (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap objek jual beli online di kalangan mahasiswa IAIN Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif karena menjelaskan keadaan aktual dari penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian dianalisis dengan metode deduktif, yaitu diawali dengan kenyataan yang bersifat umum kemudian diakhiri dengan kesimpulan khusus.
Kesimpulan hasil penelitian yaitu yang berakad adalah mahasiswa yang melakukan jual beli online. Dan akad yang dilakukan ialah secara online melalui alat komunikasi yaitu gawai. Ada yang menggunakan akad salam dan ada juga yang melakukan proses akadnya dengan jual beli pada umunya. Dan objek yang di perjualbelikan ialah produk-produk sehari-hari yang banyak dicari atau di pasarkan oleh mahasiswa di media sosial. Jadi, jual beli yang dilakukan oleh semua mahasiswa sudah sesuai dengan teori jual beli sesuai dengan hukum Islam. Dan mengenai objek yang digunakan sudah memenuhi syarat objek akad, objek atau barang sudah ada pada waktunya, bermanfaat, barang jelas dan diketahui dan barang dapat diserah terimakan pada waktu yang sudah ditentukan. Jadi, objek yang digunakan mahasiswa sudah sesuai dengan hukum Islam dan memenuhi syarat objek akad.

Item Type: Thesis (Other)
Thesis Supervisor: Lukman Santoso
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2020 02:29
Last Modified: 15 Nov 2020 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11251

Actions (login required)

View Item View Item