Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI melalui Kegiatan Keagamaan Harian di SMKN 1 Jenangan Ponorogo

Lestari, Fatikha Anggun (2020) Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI melalui Kegiatan Keagamaan Harian di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESES FATIKHA ANGGUN LESTARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lestari, Fatikha Anggun. 2020. Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI melalui Kegiatan Keagamaan Harian di SMK Negeri 1 Jenangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag.

Kata Kunci: Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena yang terjadi saat ini pada lembaga pendidikan, yang merupakan center pembentukan karakter siswa. Salah satu lembaga pendidikan yang peneliti jadikan tempat penelitian adalah SMK Negeri 1 Jenangan, dimana terdapat beberapa permasalahan terkait akhlak siswa yaitu: kurangnya akhlak pada siswa dibuktikan dengan tidak patuhnya siswa pada aturan sekolah, kurangnya kesadaran siswa untuk beribadah, minimnya minat baca tulis Al-Qur’an, dan perilaku siswa yang sering menyepelekan guru maupun sesama. Lingkungan siswa memberikan pengaruh besar terhadap proses pembentukan karakter religius siswa, berangkat dari perbedaan latar belakang lulusan sekolah siswa yang berbasis agama maupun non agama. Mayoritas siswa beragama Islam namun pendalaman ilmu keagamaan mereka masih minim. Demi meminimalisir beberapa permasalahan tersebut maka guru PAI khususnya dan guru mata pelajaran lain umumnya memiliki peran penting dalam membina karakter religius siswa agar lebih baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan Islam. Berdasarkan realita yang telah dipaparkan, maka dengan upaya guru PAI diharapkan dapat membentuk karakter religius yang baik. Karakter religius yang baik diterapkan tidak hanya dalam lingkungan sekolah namun juga pada saat siswa berada di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan bentuk upaya guru PAI dalam membentuk karakter religius melalui kegiatan keagamaan harian pada siswa kelas XI, (2) mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam membentuk karakter religius melalui kegiatan keagamaan harian pada siswa kelas XI, dan (3) memaparkan hasil upaya guru PAI dalam membentuk karakter religius melalui kegiatan keagamaan harian pada siswa kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi non partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian di SMK Negeri 1 Jenangan ditemukan bahwa: (1) Bentuk upaya guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa kelas XI yaitu: membimbing, memberikan keteladanan, membiasakan siswa untuk berperilaku sesuai dengan ajaran Islam, pembentukan karakter religius siswa diwujudkan dalam: praktik ibadah, belajar baca tulis Al-Qur’an, program pembelajaran PAI di masjid, dan penciptaan lingkungan sekolah yang religius. (2) Faktor yang menghambat pembentukan karakter religius siswa yaitu: perilaku bawaan siswa itu sendiri, pengaruh teman sebaya, lingkungan keluarga dan masyarakat lebih dominan mempengaruhi pembentukan karakter religius siswa. Sedangkan faktor yang mendukung pembentukan karakter religius siswa yaitu: mayoritas siswa dan guru di SMK Negeri 1 Jenangan beragama Islam, dukungan penuh dari guru PAI dan pihak sekolah terkait sarana, prasarana dan biaya, dukungan dari pemerintah dan komite sekolah serta alumni berupa pembangunan fasilitas ibadah. (3) Keadaan akhlak siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Jenangan pada umumnya sudah baik. Indikator keberhasilan pembentukan karakter religius siswa terwujud dalam bentuk sikap atau perilaku siswa, yakni: siswa sadar dan terbiasa melaksanakan kegiatan keagamaan harian di sekolah, siswa mampu menunjukkan akhlak budi pekerti yang baik dalam lingkup sekolah, mampu menghargai sesama dan berperilaku sesuai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2020 00:03
Last Modified: 13 Nov 2020 00:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11244

Actions (login required)

View Item View Item