Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Mengambil Keputusan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Nurjanah, Siti (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Mengambil Keputusan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316372 SITI NURJANAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurjanah, Siti. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Mengambil Keputusan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Wirawan Fadly, M. Pd.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Kemampuan Mengambil Keputusan

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa yang masih menunjukkan perilaku dan sikap menyimpang yang menggambarkan kurangnya kemampuan siswa dalam mengambil keputusan. Kemampuan mengambil keputusan merupakan proses berpikir seseorang dalam mengevaluasi dan menentukan sebuah pilihan sebelum mengambil tindakan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengambil keputusan seperti dasar pengambilan keputusan, faktor apa yang mempengaruhi dan langkah-langkah yang tepat untuk menghasilkan keputusan yang baik. Dari sini peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran tipe numbered heads together sebagai sarana untuk melatih proses pikir siswa dalam mengambil keputusan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada mata pelajaran akidah akhlak, (2) mendeskripsikan kemampuan mengambil keputusan siswa pada mata pelajaran akidah, dan (3) mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap kemampuan mengambil keputusan siswa pada mata pelajaran akidah akhlak.
Penelitian ini dilakukan di MTs Ma’arif Balong Ponorogo dengan metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif model pre-eksperimen dengan design one group pretest posttest. Populasi penelitian sejumlah 52 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, tes, dan dokumentasi. Adapaun teknik analisis yang digunakan yaitu uji t.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran tipe numbered heads together pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Ma’arif Balong masuk dalam kategori baik. (2) rata-rata kemampuan mengambil keputusan siswa mengalami peningkatan dari 75 menjadi 91,8 setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. (3) diketahui perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai signifikansi tersebut dibawah 0,05 atau 5%, maka model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together berpengaruh terhadap kemampuan mengambil keputusan pada mata pelajaran akidah akhlak akhlak kelas VIII MTs Ma’arif Balong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WIRAWAN FADLY
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2020 00:02
Last Modified: 13 Nov 2020 00:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11238

Actions (login required)

View Item View Item