Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick dengan Media Kartu Berwarna untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Aksara Jawa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Bungkal Tahun Ajaran 2019/2020

Yulianasari, Melisa (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick dengan Media Kartu Berwarna untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Aksara Jawa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Bungkal Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MELISA YULIANASARI_210616216.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Yulianasari, Melisa. 2020. Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick dengan Media Kartu Berwarna Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Aksara Jawa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Bungkal Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Lukman Hakim, M. Pd.
Kata Kunci: Talking Stick dengan media kartu berwarna, Aktivitas belajar, Hasil belajar, dan Aksara Jawa
Pembelajaran bahasa Jawa di kelas V SD Muhammadiyah 3 Bungkal Ponorogo mengalami permasalahan pada materi aksara Jawa. Hal ini terlihat rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, masih banyak siswa yang belum memahami materi tersebut. Pendidik cenderung menggunakan ceramah dalam pembelajaran yang menyebabkan siswa bosan. Hal ini diperkuat dengan adanya kegiatan pra siklus yang dilakukan oleh peneliti yang menunjukkan hasil yang belum maksimal. Dari 19 siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Bungkal, hanya 9 siswa yang nilainya tuntas KKM.
Salah satu solusi untuk memperbaiki permasalahan tersebut menggunakan stategi pembelajaran Talking Stick dengan media kartu berwarna. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan stategi pembelajaran Talking Stick dengan media kartu berwarna sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kurt Lewin dan dilaksanakan II siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Bungkal yang berjumlah 19 siswa. Teknik penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Talking Stick dengan media kartu berwarna oleh guru pada siklus I mencapai 87,5% dan pada siklus II keberhasilan mencapai 92,5%. Pada aktivitas siswa siklus I mencapai 82,5% dan pada siklus II meningkat mencapai 92,5%. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan presentase ketuntasan kelas mencapai 84,21% dan pada siklus II mencapai 94,74%. Hasil tersebut meningkat dibandingkan dengan hasil saat pra siklus yang ketuntasan siswa hanya mencapai 52,63%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2020 00:01
Last Modified: 13 Nov 2020 00:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item View Item