Internalisasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dengan Pembiasaan Pagi di SDN Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Muslimah, Yana (2020) Internalisasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dengan Pembiasaan Pagi di SDN Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YANA ETHESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Muslimah, Yana. 2020. Internalisasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dengan Pembiasaan Pagi di SDN Joresan Mlarak PonorogoTahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Skripsi: Yuentie Sova Puspidalia, M. Pd
Kata Kunci: Internalisasi, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Pembiasaan Pagi
Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia ialah soal karakter. Berbagai upaya pemerintah lakukan guna memperbaiki karakter para generasi muda. Namun pada kenyataannya, persoalan tersebut belum benar-benar terpecahkan. Hingga pada tahun 2016, pemerintah meluncurkan Program atau Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang memasuki ranah pendidikan di tingkat sekolah dasar dan menengah. Salah satu sekolah yang menanamkan nilai-nilai PPK ialah SDN Joresan, Mlarak, Ponorogo. SDN Joresan, Mlarak, Ponorogo berupaya menginternalisasikan nilai-nilai PPK melalui budaya sekolah dan proses pembelajaran. Salah satu budaya sekolah tersebut ialah kegiatan pembiasaan pagi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan kegiatan pembiasaan pagi di SDN Joresan, Mlarak, Ponorogo, (2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam pembiasaan pagi di SDN Joresan, Mlarak, Ponorogo, (3) Implikasi pelaksanaan pembiasaan pagi terhadap penguatan pendidikan karakter di SDN Joresan, Mlarak, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneltian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kegiatan pembiasaan pagi di SDN Joresan, Mlarak, Ponorogo berlangsung teratur mulai tahun 2016, terdiri atas serangkaian kegiatan mulai dari tiba di sekolah sebelum pukul 07.00 WIB hingga salat dhuha berjamaah, (2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kegiatan pembiasaan pagi ialah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas, disiplin, tanggung jawab, saling menghargai, semangat, ceria, serta menjaga kebersihan dan kesehatan, (3) Implikasi pelaksanaan pembiasaan pagi ialah siswa menjadi terpupuk nilai religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritasnya, serta bersikap sopan dan santun kepada guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2020 00:01
Last Modified: 13 Nov 2020 00:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11235

Actions (login required)

View Item View Item