Pembelajaran Al-qur'an Pada Anak Di Pondok Pesantren Assyafi'iyah Durisawo Ponorogo

Rosyidah, Anis (2020) Pembelajaran Al-qur'an Pada Anak Di Pondok Pesantren Assyafi'iyah Durisawo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FILE UPLOAD PERPUS KAJUR.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Rosyidah, Anis. 2020. Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Di Pondok Pesantren Assyafi’iyah Durisawo Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ahmadi, M.Ag, NIP. 196512171997031003.

Kata Kunci: Pembelajaran, Al-Qur’an
Pembelajaran al-Qur’an merupakan sebuah proses belajar semua hal tentang al-Qur’an mulai dari membacanya sampai menjadikan al-Qur’an sebagai kebutuhan hidupnya. Dari sebuah pembelajaran tersebut yang dapat menjadikan sebuah perubahan untuk setiap individu dan orang lain yang pada mulanya masih belum paham dan menjadikan paham tentang segala sesuatu tentang al-Qur’an
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan pembelajaran tahsin, tartil, tilawah dalam pengelolaan pembelajaraan al Qur’an pada anak di Pondok Pesantren Assyafi’iyah Durisawo Ponorogo?; (2) Pelaksanaan pembelajaran tahsin, tartil, tilawah dalam pengelolaan pembelajaran al Qur’an pada anak di pondok pesantren assyafi’iyah Durisawo Ponorogo?; (3) Evaluasi pengelolaan pembelajaran al Qur’an pada anak di Pondok Pesantren assyafi’iyah Durisawo Ponorogo?.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) perencanaan pembelajaran al Qur’an adalah dimulai dengan tawasul untuk menghormati guru agar terberkati setiap melakukan kegiatan, (2) pelaksanaan pengelolaan pembelajaran al-Qur’an pada anak di pondok pesantren Assyafi’iyah Durisawo Ponorogo menggunakan metode sorogan, deresan, setoran, dan juga dengan mengenalkan lagu-lagu dalam tartil dan tilawah al-Qur’an (3) Evaluasi pengelolaan pembelajaran al-Qur’an pada anak di pondok pesantren Assyafi’iyah Durisawo Ponorogo sangat baik santri mampu membaca serta menghafalkan al Qur’an dengan baik meskipun masih ada kekurangan karena banyak santri yang masih kurang bacaanya karena tuntutan target hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2020 05:21
Last Modified: 12 Nov 2020 05:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item