(UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN JUGA BELUM ADA)..Pembelajaran Kosakata BahasaInggris Menggunakan Metode ModellingThe Way Pada Kelas IV MI Ma'arif Polorejo Kabupaten Ponorogo

Sukmawati, Alfiah Kharisma (2020) (UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN JUGA BELUM ADA)..Pembelajaran Kosakata BahasaInggris Menggunakan Metode ModellingThe Way Pada Kelas IV MI Ma'arif Polorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-ALFIAH KHARISMA-PGMI NIM 210616151.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sukmawati, Alfiah Kharisma. 2020. “Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris menggunakan metode Modeling the Way pada kelas IV MI Ma’arif Polorejo Kabupaten Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M.Pd.
Kata Kunci: metode, modeling the way, bahasa inggris
Pembelajaran kosakata bahasa Inggris sangatlah penting dalam perkembangan peserta didik di sekolah. Dengan menguasai kosakata bahasa Inggris siswa dapat mengucapkan lafal dan intonasi yang baik dan benar. Dalam pembelajaran berlangsung siswa akan dapat mengetahui cara penulisan, pelafalan, mengartikan kosa kata, dan menghafal kosa kata. Pada saat proses pembelajaran berlangsung beberapa siswa kurang memperhatikan materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru. Ada beberapa siswa yang bersenda gurau dengan temannya, dan melakukan aktifitas lainnya, sehingga hal tersebut mempengaruhi konsentrasi. Sehingga guru harus menguasai metode atau strategi pembelajaran.
Penelitian ini berguna untuk mengetahui (1) pembelajaran kosakata Bahasa Inggris dengan metode Modeling the Way. (2) hasil pembelajaran kosakata Bahasa Inggris dengan metode Modeling the Way. (3) kekurangan dan kelebihan menggunakan pembelajaran metode Modeling the Way.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif serta dilaksanakan di MI Ma’arif Polorejo, Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil pembahasan penulis menyimpulkan bahwa: (1) Guru dalam menggunakan metode pembelajaran tidak sesuai dengan metode Modeling the Way, tetapi guru memodifikasi metode tersebut menjadi metode Modeling the Way dengan cara memperhatikan per-individu karena guru menyesuaikan karakter dan kemampuan siswa pada saat pembelajaran. (2) Dalam hasil pembelajaran siswa setelah menggunakan Modeling the Way banyak perubahan yaitu nilai siswa atau hafalan siswa lebih baik atau di atas KKM. (3) Adapun kelebihan yang ada pada metode Modeling the Way yaitu siswa mampu memahami materi yang di sampaikan guru, para siswa lebih tertarik dengan metode tersebut dan guru juga lebih mudah menilai siswa secara individu. Sedangkan kekurangannya dalam menggunakan metode Modeling the Way yaitu siswa kurangnya kerja sama antar teman, kurangnya tanggung jawab atas mengerjakan tugas secara bersama-sama, kurangnya solidaritas antar siswa yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:11
Last Modified: 12 Nov 2020 03:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11227

Actions (login required)

View Item View Item