(UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH HARUS PDF)..Desain Pengembangan Kurikulum Madrasah Berbasis Sistem Kredit Semester(Studi Kasus Di MTsN 2 Ponorogo)

Pangestu, Dinar Nur (2020) (UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH HARUS PDF)..Desain Pengembangan Kurikulum Madrasah Berbasis Sistem Kredit Semester(Studi Kasus Di MTsN 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi Dinar Nur Pangestu.docx

Download (4MB)

Abstract

Pangestu, Dinar Nur. 2020. Desain Pengembangan kurikulum Madrasah Berbasis Sistem Kredit Semester (Studi Kasus di MTs Negeri 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukhibat, M.Ag.

Kata Kunci : Pengembangan Kurikulum, Program SKS

. Pengembangan kurikulum (curriculum development) merupakan suatu proses penyusunan kurikulum oleh pengembang kurikulum. Alasan penting pemerintah melaksanakan pengembangan kurikulum dalam program SKS sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan dalam mengakomondasi kemajemukan peserta didik pada minat, bakat, dan kebutuhan dalam sekolah dibawah naungan Kemenag.

MTsN 2 Ponorogo merupakan madrasah tsanawiyah yang menerapkan program SKS pada tahun 2009 sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara mendalam tentang tahapan dalam penerapan Sistem Kredit Semester yang meliputi: studi kelayakan dan kebutuhan; penyusunan konsep awal perencanaan kurikulum; pengembangan rencana untuk melaksanakan kurikulum; pelaksanaan uji coba kurikulum di lapangan; pelaksanaan kurikulum; pelaksanaan penilaian dan pemantauan kurikulum; pelaksanaan perbaikan dan penyesuaian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Peneliti menggali data berfokus pada rumusan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan Conclusion drawing/ Verivication.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:(1)Analisis kebutuhan memperhatikan minat, bakat dan kompetensi peserta didik dengan persyaratan peserta didik memperoleh nilai IP minimal 92 untuk masuk dalam kelas percepatan, adanya target madrasah kepada lulusan melanjutkan pendidikan dan diterima di sekolah favorit dan peserta didik terbangunnya karakter; Studi kelayakan meliputi beberapa pertimbangan yaitu Telah ditunjuk oleh dirjen Pendis sebagai madrasah percontohan di Jawa Timur, melaksanakan program SKS sudah lama, dan juga lolos dalam pemberkasan madrasah menerapkan program SKS.(2) Perencanaan kurikulum dengan kerangka kerja keputusan Dirjen Pendis Nomor 2851 Tahun 2019.(3)Pengembangan rencana melaksanakan kurikulum penyusunan silabus diatur dalam permendikbud nomor 22 Tahun 2016, pengembangan bahan ajar dengan UKBM dan sumber belajar melalui modul.(4)Pelaksanaan uji coba dilapangan tidak diterapkan.(5)Pelaksanaan kurikulum ditingkat sekolah kepala sekolah dengan dibantu oleh para waka dalam menyusun RKT, RKAM, kalender akademik, penugasan guru dan pendamping akademik, mengelola sarpras, mengkoordinir pembelajaran guru menggunakan UKBM; ditingkat kelas Pendamping akademik untuk membimbing peserta didik dari awal semester sampai akhir semester.(6)Pemantauan kurikulum program SKS dilakukan secara terjadwal, sidak dan pembuatan LPJ setiap tahun, evaluasi meliputi efektivitas prosedur pelaksanaan program SKS, Tenaga pendidik, modul pembelajaran, teknik guru dalam mengajar dan juga adanya penilaian proses dan penilaian hasil atau produk.(7) perbaikan dan penyesuaian adanya feedback dari hasil pemantauan dan penilaian kurikulum program SKS mengenai hambatanyang dialami madrasah dalam penyelenggaraan SKS, nantinya di semester selanjutnya dilakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:15
Last Modified: 12 Nov 2020 03:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11226

Actions (login required)

View Item View Item