Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngadirojo Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020

Rohmawati, Nur (2020) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngadirojo Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316308_NUR ROHMAWATI-kompres.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rohmawati, Nur. 2020. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngadirojo Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Isntitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Wahid Hariyanto, M.Pd.I

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru, Hasil Belajar

Kompetensi guru terdiri dari empat aspek, yakni kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Guru PAI dituntut memiliki empat aspek tersebut. Agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Dalam penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngadirojo, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngadirojo, (3) untuk mengetaui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngadirojo.
Jenis penelitian yang digunakan yakni kuantitatif. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadirojo Pacitan dengan jumlah 85 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket/kuosioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian setelah analisis data yakni (1) kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngadirojo tidak memiliki pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh signifikasi thitung-0,494 <ttabel1,989 dan pada taraf Sig. 0,622 > 0,05. (2) kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngadirojo tidak memiliki pengaruh signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa Hal ini ditunjukkan oleh hasil signifikasi thitung1,532 <ttabel1,989 dan pada taraf Sig. 0,129 > 0,05. (3) Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngadirojo. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikasi yang didapat yaitu signifikasi Fhitung1,270 <Ftabel3,11 dan pada taraf Sig. 0,2869 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:32
Last Modified: 12 Nov 2020 03:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11224

Actions (login required)

View Item View Item