Prophetic Leadership Dalam Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus Di SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo)

Shahid, Muhammad R. Shofi (2020) Prophetic Leadership Dalam Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus Di SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONORO.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD R SHOFI S 211216032.pdf

Download (943kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Muhammad R. Shofi Shahid. 2020. Prophetic leadership dalam pengembangan karakter tanggung jawab siswa (studi kasus di SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Ghafar, M.Pd.I
Kata Kunci : Prophetic Leadership, Pengembangan Karakter, Tanggung Jawab
Kepala sekolah berperan sebagai seorang pemimpin yang memiliki visi ke masa depan yang jelas dan dapat mewujudkan serta mampu mendorong proses transformasi sekolah. Prophetic berasal dari kata prophet yang berarti nabi atau rasul. Kata Prophetic sendiri berarti bersifat kenabian. Jadi kepemimpinan profetik adalah kepemimpinan yang bersifat kenabian. Menurut Hidayati masyarakat menuntut institusi persekolahan khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD) untuk berperan aktif membina dan mengembangkan fondasi keilmuan, moralitas serta karakter peserta didik secara sistematis dan terprogram. Oleh karena itu kepemimpinan profetik harus memiliki dampak pengiring (nurturant effect) bagi pengembangan karakter peserta didik atau secara lebih operasional.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Apa saja nilai-nilai prophetic leadership berbasis nilai “amanah” dalam pengembangan karakter siswa di SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo ? (2) Bagaimana implementasi prophetic leadership berbasis nilai “amanah” dalam pengembangan karakter tanggung jawab siswa di SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo ? (3) Bagaimana hasil penerapan prophetic leadership berbasis nilai “amanah” dalam pengembangan karakter tanggung jawab siswa di SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo ?
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang digunakan sebagai pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Nilai-nilai prophetic leadership di SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo sudah tumbuh dengan cukup baik walaupun belum sempurna karena itu sebuah proses dari peningkatan kualitas lembaga, nilai yang paling menonjol ialah selalu mendasari berbagai hal dalam tata kelola sekolah dengan merujuk pada keteladan nabi Muhammad SAW cohtohnya dalam pembuatan visi dan misi, memimpin dalam rapat, pengembilan keputusan dan seterusnya. (2) Memasukkan konsep karakter pada setiap pembelajaran di SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo dengan adanya pengembangan karakter itu bisa dilaksanakan pada kurikuler, ekstrakulikuler, dan cokulikuler. Untuk cokulikuler lebih ditekankan pada pembiasaan-pembiasaan yang mana itu menjadi pendukung untuk menumbuhkan sifat kepemimpinan kenabian dari awal pembelajaran. (3) Hasil dari penerapan siswa di SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo yaitu siswa sudah mulai memiliki karakter tanggung jawab terhadap dirinya maupun ke hal-hal yang lain, bisa dibuktikan dengan pola interaksi dan perilaku sehari-hari di lingkungan madrasah, selain itu guru dan pegawai juga lebih meningkat dalam hal karakter amanah yang dibuktikan adanya peningkatan kinerja yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2020 00:37
Last Modified: 12 Nov 2020 00:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11219

Actions (login required)

View Item View Item