Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Membentuk Akhlak Terpuji bagi Siswa SDN Klampisan 01 Kabupaten Ngawi (Studi Kasus di SDN Klampisan 01 Kabupaten Ngawi)

Rodliyah, Zulfa Rofi'atu (2020) Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Membentuk Akhlak Terpuji bagi Siswa SDN Klampisan 01 Kabupaten Ngawi (Studi Kasus di SDN Klampisan 01 Kabupaten Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZULFA ROFI'ATU RODLIYAH_210616195(PDF).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rodliyah, Zulfa Rofi’atu. 2020. Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Membentuk Akhlak Terpuji bagi Siswa SDN Klampisan 01 Kabupaten Ngawi (Studi Kasus di SDN Klampisan 01 Kabupaten Ngawi). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Lukman Hakim, M. Pd.
Kata Kunci: Nilai-nilai Pancasila, Akhlak Terpuji
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang serba canggih dapat membawa dampak buruk bagi pendidikan apabila anak menyalahgunakan teknologi. Sebagian besar peseta didik terjerumus ke hal-hal negatif. Banyak anak yang tidak mau belajar karena kecanduan game online. Keseharian mereka dapat dihabiskan di tempat free wifi. Adanya sikap kurang peduli terhadap lingkungan sosial seperti tolong menolong dan beramal, saat musyawarah pendapat yang mereka utarakan haruslah diterima tanpa mementingkan orang lain, masih ada yang suka berkelahi, mengolok-olok temannya, bertutur kata kurang sopan terhadap guru dan teman, memilih-milih dalam berteman dan kurangnya sikap disiplin dalam melaksanakan kegiatan di sekolah. Maka perlu dilakukan penelitian yang mengkaji lebih dalam mengenai penerapan nilai-nilai yang terkadung dalam Pancasila dalam membentuk akhlak terpuji bagi peserta didik.
Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti memilih SDN Klampisan 01 Kabupaten Ngawi sebagai tempat penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan internal dan penerapan eksternal peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila (P-4) serta pembinaan akhlak pada peserta didik
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan nilai internal Pancasila di SDN Klampisan 01 antara lain: siswa menghargai dan menghormati perbedaan agama, menghormati guru dan orang yang lebih tua, mengikuti upacara bendera dengan sungguh-sungguh, cinta tanah air dengan membersihkan lingkungan dan membeli produk dalam negeri, menghargai hasil karya orang lain serta tidak bersifat boros. (2) Penerapan nilai eksternal Pancasila antara lain: Siswa menjalankan ibadah sesuai ajaran agama masing-masing, beramal setiap jum’at untuk orang yang mengalami kesusahan, tetap berteman walau ada perbedaan, berangkat sekolah tepat waktu, mengerjakan tugas dari guru, menghargai pendapat temannya saat musyawarah, bersikap adil dan bekerja keras, menjenguk teman yang sedang sakit. (3) Pembentukan akhlak Pancasila dilakukan dengan keteladanan, pengajaran, pembiasaan, motivasi, dan memberi sanksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2020 00:31
Last Modified: 12 Nov 2020 00:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11216

Actions (login required)

View Item View Item