PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN TERHADAP KREATIVITAS SISWA SDN 2 TONATAN PONOROGO TAHUN 2019/2020.

LAILA, PUPUT ROSYIDATUL (2020) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN TERHADAP KREATIVITAS SISWA SDN 2 TONATAN PONOROGO TAHUN 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616108_PUPUT ROSYIDATUL LAILA (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Laila, Puput Rosyidatul, 2020. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan
Terhadap Kreativitas Siswa SDN 2 Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan
Tarbiyah Fakultas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing:Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata kunci: Ekstrakurikuler Karawitan dan Kreativitas.
Penelitian kegiatan ekstrakurikuler karawitan di sekolah yaitu untuk
meningkatkan kemampuan siswa melalui aspek kognitif, efektif dan psikomotorik.
Dalam ekstrakurikuler karawitan siswa dituntut untuk aktif. Salah satu fungsi
adanya ekstrakurikuler karawitan yaitu untuk menampung bakat-bakat pada siswa.
Dalam pengembangan ekstrakurikuler tersebut siswa harus banyak berperan aktif.
Selain aktif siswa juga bisa mengembangkan bakat yang siswa miliki. Siswa harus
mempunyai kreativitas dalam ekstrakurikuler tersebut, agar pembelajaran tersebut
tidak membosankan dan mempunyai daya tarik tersendiri. Seperti halnya dalam
memainkan gamelan serta menghasilkan suatu karya dari karawitan tersebut.
Kegiatan ekstrakurikuler diadakan untuk memperkaya dan memperluas wawasan
pengetahuan dan kemampuan siswa dalam pembelajaran tersebut.
Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah
pengaruh keaktifan kegiatan ekstrakurikuler karawitan terhadap kreativitas siswa
SDN 2 Tonatan Ponorogo Tahun 2019/2020?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian jenis
kuantitatif. Dalam penelitian ini digunkan data primer yang diperoleh dari hasil
angket yang telah diisi oleh siswa kelas V di SDN 2 Tonatan Ponorogo yang
dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode analisis datanya adalah uji regresi
linier sederhana dan uji F. Kemudian jenis sampel yang digunakan yaitu sample
jenuh yaitu penelitian yang respondenya kurang dari 40 anak.
Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa (1) Hal ini terbukti dari hasil
penelitian dalam kategori sedang dengan frekuensi terbanyak yaitu 23 anak dengan
presentase 74,19% dalam kategori tinggi dengan responden terbanyak dengan
frekuensi sebesar 4 anak dengan presentase 12,90% dan kategori rendah yaitu
frekuensi sebanyak 5 anak dengan presentase 16,12%. (2) Hal ini terbukti dari hasil
penelitian bahwa kreativitas siswa dalam kategori sedang dengan frekuensi
sebanyak 74,19% dengan jumlah siswa 23, sedangkan dalam frekuensi paling besar
yaitu 16,12% dengan jumlah siswa yaitu 5 siswa, dan yang paling akhir yaitu
kategori paling rendah dengan frekuensi 4 siswa dengan prsesntase 17,90%. (3) Hal
ini diperoleh berdasarkan perhitungan koefiien determinasi (R) diatas didapatkan
nilai 0,747 artinya variable ekstrakurikuler karawitan (X) berpengaruh sebesar 74,
7% sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Selain itu dibuktikan dengan perhitungan statistik dikemukakan bahwa nilai F
hitung> F tabel yaitu 85,534 > 4,16 artinya ekstrakurikuler karawitan mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WENI TRIA ANUGRAH PUTRI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2020 00:28
Last Modified: 12 Nov 2020 00:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

View Item View Item