Peran Muhammadiyah Dalam Menanggulangi Kristenisasi (Studi Kasus Di Dusun Trenceng Mrican Jenangan Ponorogo)

Andriani, Fitria (2020) Peran Muhammadiyah Dalam Menanggulangi Kristenisasi (Studi Kasus Di Dusun Trenceng Mrican Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
bismillah_Fitria andriani_210316232 (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Andriani, Fitria 2020. Peran Muhammadiyah dalam Menanggulangi Kristenisasi (Studi Kasus di Dusun Trenceng Mrican Jenangan Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Drs. Waris, M.Pd.

Kata Kunci: Kristenisasi, Muhammadiyah

Agama merupakan sebuah kepercayaan spiritual yang diyakini pemeluknya dapat memenuhi kebutuhan rohani manusia. Setiap agama memiliki misi untuk menyebarkan agamanya masing-masing, dalam agama Islam disebut sebagai dakwah dan dalam agama Kristen disebut dengan Kristenisasi atau missionaries. Keberagaman agama adalah kekuatan bagi sebuah bangsa apabila agama-agama mampu hidup secara berdampingan. Adapun yang menghawatirkan adalah kegiatan Kristenisasi yang berkembang di Dusun Trenceng Mrican Jenangan Ponorogo yang perlu mendapatkan perhatian, hal ini dibuktikan dengan pernyataan Bapak Senen selaku Narasumber dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa masyarakat Kristen di sini sering kali mengundang orang Islam untuk ikut ke acara peribadatan mereka. Padahal dalam Kompilasi Kebijakan dan Peraturan Perundang-Undangan Kerukunan Umat Beragama sebuah agama tidak diperbolehkan mengajak atau mengundang umat lain untuk ikut ke acara peribadatan mereka. khususnya keberadaan Muhammadiyah di Dusun Trenceng yang mulai bergerak mengatasi masalah tersebut agar Kristenisasi yang terjadi bisa diminimalisir.

Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk menjelaskan bagaimana sejarah Kristenisasi di Dusun Trenceng Mrican Jenangan Ponorogo, (2) Untuk menganalisis peran organisasi Muhammadiyah dalam menanggulangi Kristenisasi, (3) Untuk menganalisis dampak organisasi Muhammadiyah terhadap pemahaman keagamaan Mualaf di Dusun Trenceng Mrican Jenangan Ponorogo.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data diambil dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) Sejarah penyebaran Kristenisasi di Dusun Trenceng tidak terlepas dari peran bangsa Belanda, hal tersebut dibuktikan dengan berdirinya dua buah Gereja (2) Peran organisasi Muhammadiyah dalam menanggulangi Kristenisasi di Dusun Trenceng: (a) menyelenggarakan pendidikan TPA (b) Kajian Mualaf (c) Kajian setiap malam jum’at dan kajian rutin Tarjih setiap satu bulan sekali. (3) Dampak organisasi Muhammadiyah terhadap pemahaman keagamaan Mualaf: menambah wawasan keislaman dan mempererat ukhuwah Islamiah sesama umat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2020 00:26
Last Modified: 12 Nov 2020 00:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11213

Actions (login required)

View Item View Item