Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Materi Tajwid siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di Kelas 7 MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Rifa'i, Agus (2020) Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Materi Tajwid siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di Kelas 7 MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316146_AGUS RIFA'I.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya minat belajar Al-Qur’an
dan Pemahaman Ilmu Tajwid pada Pelajaran Al-Qur’an Hadist.
Penelitian ini mengunakan pendekatatan PTK (penelitian tindakan kelas)
dengan model penelitian kemmis dan tagrat yang terdiri atas perencanaan,
tindakan, refleksi, observasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
angket minat belajar siswa-siswi dan observasi motivasi belajar siswa.Teknik
analisis data mengunakan stastistik deskriptif kualitatif untuk menganalisis angket
minat belajar Al-Qur’an siswa dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil
observasi minat belajar Al-Qur’an siswa.
Penerapan metode Ummi dapat meningkatkan minat belajar Al-Qur’an pada
siswa kelas 7 MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo, dapat dibuktikan dengan hasil
presentase skor minat belajar Al-Qur’an pada siklus I belum mencapai 80% dan
siswa masih dalam ketegori nilai skor tinggi, pada siklus I yang mendapatkan >70
terdapat (16 siswa) dari siswa yang ada (29 siswa) sedangkan siswa yang
mendapatkan < 70 terdapat 13 siswa. Dan rata-rata perolehan skor minat belajar
al-Qur’an dengan mengunakan Metode Ummi pada matkul Al-Qur’an Hadist 70
dalam kategori tinggi, sedangkan perolehan skor pada siklus II telah mencapai
keberhasilan dengan memperoleh nilai rata-rata sangat tinggi, dengan memperoleh
skor minat belajar Al-Qur’an pada siswa >81 terdapat 90% (27 siswa) dari 29
siswa. Hal ini dapat terlihat pada rata-rata perolehan skor minat belajar a-Qur’an
dengan Metode Ummi pada siswa terjadi peningkatan yaitu dari 70 menjadi
meningkat 81 dan kategori siswa tinggi menjadi sanggat tinggi.
Penerapan metode Ummi pada pembelajaran al-Qur’an Hadist pada proses
pembelajaran materi Ilmu Tajwid, dapat meningkatkan kefahaman siswa terhadap
materi Ilmu Tajwid pada siswa kelas 7 MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo,
hasilnya dapat dibuktikan dari hasil presentase skor nilai kefahaman siswa pada
siklus I mencapai 80% dengan masih mencaapi kategori tinggi 70% . Dari hasil
siklus I yang mendapatkan nilai kategori tinggi masih (21 siswa) dan nilai rata-
rata siswa masih 71 yang terdapat pada siklus I dengan kategori tinggi. Dan pada
siklus II hasilnya terjadi sebuah peningkatan dengan kecapaian indikator siswa
90% dalam kategori sangat tinggi dan masih ada satu siswa yang mendapatkan
nilai <7. Dan hasilnya pemahaman siswa terhadap Ilmu Tajwid pada matkul Al-
Qur’an Hadist pada siklus II terjadi peningkatan yaitu dari hasil siklus I 71
menjadi 81 dengan kategori sangat tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Pembimbing Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2020 00:25
Last Modified: 12 Nov 2020 00:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11212

Actions (login required)

View Item View Item