Pengaruh Penggunaan Gadget dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kesadaran Beribadah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Balerejo Madiun Tahun Ajaran 2019/2020

Nabilla, Mahda Nur (2020) Pengaruh Penggunaan Gadget dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kesadaran Beribadah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Balerejo Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI E-THESIS MAHDA NUR NABILLA 210316317.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nabilla, Mahda Nur. 2020. Pengaruh Penggunaan Gadget dan Perhatian Orang Tua terhadap Kesadaran Beribadah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Balerejo Madiun. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Arif Rahman Hakim, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Perhatian Orang Tua, Kesadaran Beribadah
Pada era modern ini teknologi berkembang sangat pesat, salah satunya adalah gadget. Gadget memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah dapat menyajikan berbagai macam informasi, tetapi gadget juga memiliki kelemahan salah satunya yaitu menyita waktu penggunanya, baik waktu untuk belajar, bekerja, ataupun beribadah. Saat ini kesadaran beribadah masih sangat kurang khususnya dalam kehidupan remaja. Dilihat dari tempat ibadah seperti masjid atau musholla yang sepi dari para remaja. Dalam mengembangkan disiplin beribadah, baik keluarga maupun sekolah mempunyai peranan yang sangat penting. Peranan ini terkait dengan upaya mengembangkan pembiasaan mengamalkan ibadah, berakhlak mulia serta sikap apresiatif terhadap ajaran hukum agama. Orang tua memiliki peran yang penting untuk meningkatkan kesadaran beribadah anak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap kesadaran beribadah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balerejo Madiun, (2) Mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap kesadaran beribadah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balerejo Madiun, (3) Mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan perhatian orang tua terhadap kesadaran beribadah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balerejo Madiun. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Balerejo Madiun. Terdapat 158 responden yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Sampel ini diambil dengan teknik proportional random sampling. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap kesadaran beribadah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balerejo Madiun yang ditunjukkan dengan hasil nilai thitung sebesar -4,507 sedangkan ttabel sebesar 1.97529, artinya thitung lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak. Adapaun nilai koefesien determinasinya adalah 0,115 sama dengan 11,5%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap kesadaran beribadah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balerejo Madiun yang ditunjukkan dengan hasil nilai thitung sebesar 9,546 sedangkan ttabel sebesar 1.97529, artinya thitung lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak. Adapaun nilai koefesien determinasinya adalah 0,369 sama dengan 36,9%, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan gadget dan perhatian orang tua terhadap kesadaran beribadah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balerejo Madiun yang ditunjukkan dengan hasil nilai Fhitung sebesar 45,727 sedangkan nilai Ftabel sebesar 3,05, artinya F¬hitung lebih besar dari pada Ftabel maka H0 ditolak. Adapaun nilai koefesien determinasinya adalah 0,371 sama dengan 37,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2020 00:24
Last Modified: 12 Nov 2020 00:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11211

Actions (login required)

View Item View Item