PENGEMBANGAN SDM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Hardaning, Novita Kusuma (2020) PENGEMBANGAN SDM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_(MPI_211216020)_NOVITA_KUSUMA_HARDANING.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hardaning, Novita Kusuma. 2020. Pengembangan SDM dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.

Kata Kunci : Pengembangan SDM, Kinerja, Pendidik dan Kependidikan
Kesadaran manusia akan pentingnya sumber daya manusia bukan hal baru, untuk menghadapai tuntutan tugas sekarang maupun menjawab tantangan masa depan. Perlu diketahui bahwa para guru dan karyawan memerlukan pelatihan tentang berbagai segi tugas yang dipercayakan kepada mereka. Pengembangan sumber daya manusia adalah fungsi MSDM yang utama, tidak hanya pengembangan dan pelatihan, tetapi juga perencanaan karir individual, Pemberian Motivasi kepada setiap seluruh komponen sekolah, penilaian kinerja, dan lembaga sekolah yang menekankan kebutuhan pelatihan dan pengembangan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seperti apa bentuk pengembangan SDM dalam meningkatkan kualitas kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, (2) mengetahui keberhasilan pengembangan SDM dalam meningkatkan kualitas kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Peneliti menggunakan pendekatan studi kasus (case study) dengan penelitian kualitatif, metode yang biasanya dimanfaatkan adalah wawancara, pengamatan, dan pemanfaatan dokumen sebagai pengumpulan data. Selain itu, analisis data pada penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, (1) bentuk pengembangan yang telah dilakukan oleh sekolah yaitu dengan pemberian berbagai pelatihan yang telah direncanakan, kemudian melalui perencanaan pengembangan karier secara bertahap dan sesuai dengan masa jabatan, dan melalui pemberian motivasi kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan; (2) keberhasilan dari pengembangan sumber daya manusia dapat diketahui melalui peningkatan kinerja masing-masing sumber daya manusia, metode penilaian kinerja yang dilakukan oleh kepala sekolah beserta wakil-wakilnya dan memperhatikan indikator kinerja yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FATA ASYROFI YAHYA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2020 23:58
Last Modified: 11 Nov 2020 23:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11209

Actions (login required)

View Item View Item