kontribusi alumni pesantren dalam meningkatkan kualitas sosial keagamaan di dusun tugunongko desa tugurejo slahung ponorogo

Sanjaya, Angga (2020) kontribusi alumni pesantren dalam meningkatkan kualitas sosial keagamaan di dusun tugunongko desa tugurejo slahung ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Angga Sanjaya.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sanjaya,Angga 2019. Kontribusi Alumni Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Sosial Keagamaan Di Dusun Tugunongko Desa Tugurejo Slahung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Drs. Waris, M.Pd.
Kata kunci : Alumni, Pesantren, Kontribusi, Kualitas
Persoalan agama merupakan hal yang sangat mendasar terhadap kehidupan manusia, karena agama mengandung unsur keyakinan di dalam diri manusia tentang hal yang ghaib sebagai kebenaran yang hakiki atau mutlak. Di dalam sebuah masyarakat, agama menjadi salah satu faktor penunjang kehidupan terutama dalam kehidupan spiritual. Walaupun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari agama menjadi tradisi yang bercampur kebiasaan lama yang telah hidup dalam suatu masyarakat. Dengan adanya kontribusi alumni pesantren dalam meningkatkan kualitas sosial keagamaan di Dusun Tugunongko Desa Tugurejo Slahung Ponorogo, maka agama yang sebagai unsur keyakinan akan menjadi bermakna di dalam ruang lingkup sosial yang tidak hanya bersifat individualis, tetapi lebih berimplikasi sosial yang dapat mengubah realitas sosial yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian: 1)Bentuk kontribusi alumni pesantren dalam meningkatkan kualitas sosial di Dusun Tugunongko Desa Tugurejo Slahung Ponorogo. 2)Pola kontribusi alumni pesantren dalam meningkatkan kualitas keagamaan di Dusun Tugunongko Desa Tugurejo Slahung Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Subyek yang digunakan adalah kepala dusun, guru TPA, dan tokoh masyarakat di Dusun Tugunongko Desa Tugurejo Slahung Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif yang meliputi:Teknik reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa: (1) Bentuk kontribusi Alumni Pesantren yang dilakukan di dalam ranah sosial yaitu dengan cara melakukan pembauran budaya dengan agama islam, menjalin hubungan relasi yang baik antara lapisan masyarakat untuk melakukan penyatuan, sehingga terjadilah integrasi antara alumni pesantren dengan masyarakat guna mengantisipasi praktik kristenisasi. selanjutnya untuk pengembangan usaha ekonomi mikro dengan melakukan pelatihan indutri rumah tangga yang di narasumberi oleh LPK atau dinas terkait guna untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Dusun Tugunongko. (2) Pola kontribusi alumni pesantren untuk meningkatkan kualitas keagamaan di Dusun Tugunongko Desa Tugurejo Slahung Ponorogo dengan mengadakan kegiatan berupa yasinan peringatan hari besar islam, pengembangan masjid sebagai wadah pembelajaran agama bagi masyarakat melalui pengadaan pengajian, Sholawat rotib, ta’lim serta mendirikan lembaga pendidikan TPA dan Madrasah Diniyah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:05
Last Modified: 11 Nov 2020 04:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

View Item View Item