Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Dan Cinta Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Di MTsN 3 Ponorogo

Fitriani, Nurul (2020) Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Dan Cinta Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Di MTsN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _210316356_NURUL FITRIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fitriani, Nurul. 2020. Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Dan Cinta Lingkungan
Melalui Program Adiwiyata Di MTsN 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo,
Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I..
Kata Kunci: Karakter, Program Adiwiyata
Sebagai sebuah lembaga, sekolah adiwiyata diharapkan menjadi tempat yang ideal
dalam pembelajaran dan penyadaran bagi warga sekolah. Sehingga dikemudian hari warga
sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan
hidup dan pembangunan berkelanjutan. Merujuk pada konteks tersebut peneliti tertarik untuk
melakukan penelitian di MTsN 3 Ponorogo dengan beberapa pertimbangan. Pertama, MTsN 3
Ponorogo secara administrasi telah resmi mendapat penghargaan sebagai sekolah adiwiyata di
tingkat kabupaten. Kedua, siswa sudah diberdayakan dengan baik melalui kegiatan partisipatif
dalam berbagai kelompok kerja (pokja), pembiasaan dalam proses pembelajaran yang termuat
dalam kompetensi dasar di RPP semua materi pelajaran serta kerja sama dengan pihak diluar
madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan program adiwiyata di MTsN
3 Ponorogo; (2) Strategi penanaman nilai karakter tanggung jawab dan cinta lingkungan melalui
program adiwiyata di MTsN 3 Ponorogo; (3) Dampak program adiwiyata terhadap penanaman
nilai karakter tanggung jawab dan cinta lingkungan di MTsN 3 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan
adalah field research. Adapun proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tiga langkah
analisis data yaitu reduksi data, penyajian data (display) dan penarikan kesimpulan dan
verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program adiwiyata di MTsN 3
Ponorogo melalui kelompok kerja atau pokja. Oleh sebab itu untuk mendukung pelaksanaan
adiwiyata melalui kelompok kerja maka dibentuklah tim yang bernama tim bala rindang/go
green. Pokja tersebut terdiri dari 15 pokja antara lain yaitu pokja portofolio, pokja biopori, pokja
energi, pokja taman, pokja green house, pokja tanaman obat keluarga, pokja pengelolaan air,
pokja satwa, pokja hidroponik, pokja kebersihan lingkungan, pokja kantin sehat, pokja poster
dan mading, pokja sampah, pokja UKS serta pokja komposting; (2) Strategi penanaman nilai
karakter tanggung jawab dan cinta lingkungan melalui program adiwiyata yaitu melalui 2 cara.
Strategi pertama dilaksanakan melalui kebijakan masing-masing pokja yang diimplementasikan
dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang melibatkan semua warga sekolah. Strategi kedua yaitu
melalui proses pembelajaran, hal ini sesuai dengan kurikulum 2013 terkait pendidikan berbasis
lingkungan; (3) Dampak program adiwiyata mengenai karakter tanggung jawab terbukti misal
bahwa siswa tertib dalam mengerjakan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah. Terkait
karakter cinta lingkungan misal bahwa tidak ada sampah yang berserakan di dalam maupun di
luar kelas. Walaupun begitu pelaksanaan program adiwiyata tidak terlepas dari banyak kendala
yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2020 00:51
Last Modified: 11 Nov 2020 00:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11193

Actions (login required)

View Item View Item