(UBAH FILE DLM FORMAT PDF)Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Qur'an Hadits Kelas VIII B di MTs Ma'arif Klego Jenangan Ponorogo

Al Adawiyati, Robiah (2020) (UBAH FILE DLM FORMAT PDF)Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Qur'an Hadits Kelas VIII B di MTs Ma'arif Klego Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI KIRIM E-THESES.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Adawiyati, Robiah Al. 2020. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VIII B di MTs Ma’arif Klego Jenangan Ponorogo Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ju’Subaidi, M.Ag.
Kata Kunci: Metode Card Sort, Motivasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah proses pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan, hal itu bisa dilihat dengan kurangnya partisipasi siswa pada saat pembelajaran, kurangnya rasa percaya diri pada diri siswa untuk menyampaikan beberapa argumen atau materi kepada guru, hal tersebut dapat menyebabkan menurunnya semangat dan hasil belajar siswa, dikarenakan rendahnya tingkat motivasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran secara terus menerus agar setiap proses pembelajaran mencerminkan peningkatan atau perbaikan dan meningkatkan motivasi belajar siswa setelah penerapan metode card sort pada mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas VIII B MTs Ma’arif Klego Jenangan Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat siklus, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B MTs Ma’arif Klego Jenangan Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hasil yang dicapai berdasarkan analisis tentang peningkatan motivasi pembelajaran melalui penerapan metode card sort mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII B di MTs Ma’arif Klego Jenangan Ponorogo. Hal ini terlihat pada pendapatan hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 75% yang diperoleh oleh 12 siswa dari 16 siswa, serta hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 94% yang diperoleh oleh 17 siswa dari 18 siswa yang hadir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: JU'SUBAIDI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2020 13:19
Last Modified: 10 Nov 2020 13:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item