(TAMBAHKAN WATERMARK) Segmentasi pasar dalamPeningkatan Jumlah Nasabah di BRI Syariah KCP Pare Kediri

Rukmana, Susi Haryanti (2020) (TAMBAHKAN WATERMARK) Segmentasi pasar dalamPeningkatan Jumlah Nasabah di BRI Syariah KCP Pare Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E-Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rukmana, Susi. 2020. “Strategi Segmentasi Pasar dalam Peningkatan
Jumlah Nasabah di BRI Syariah KCP Pare Kediri.” Skripsi.
Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Unun
Roudlotul Janah, M.Ag.
Kata kunci: Strategi, Segmentasi Pasar, Nasabah
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa
perkembangan lembaga keuangan yang setiap tahunnya berkembang dengan
pesat. Dari perkembangan tersebut tentunya memiliki persaingan agar setiap
lembaga mendapatkan nasabah yang sesuai dengan targetnya. Dalam
pencapaian target tersebut tentunya harus melakukan strategi segmentasi
pasar yang tepat agar target sesuai dengan yang diinginkan. Segmentasi
yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan suatu
dampak positif bagi BRI Syariah KCP Pare Kediri.
Salah satu produk yang dipasarkan oleh KCP Pare yaitu tabungan
faedah, dengan demikian KCP Pare dituntut untuk meningkatkan pemasaran
terutama pada tabungan faedah dalam bersaing dengan bank lain. Dalam
segmentasi diketahui target pasar untuk tabungan faedah adalah masyarakat
menengah ke bawah, dan pinggiran, menjalin kerjasama antara industri
tertentu, seperti pondok-pondok pesantren di sekitar Pare
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis
segmentasi pasar terhadap strategi pemasaran yang diterapkan oleh BRI
Syariah KCP Pare Kediri dan bagaimana analisis segmentasi pasar terhadap
persaingan dengan bank lain yang diterapkan oleh BRI Syariah KCP Pare
Kediri. Penelitian ini bertipe field research (penelitian lapangan) dengan
menjadikan data lapangan sebagai acuan utama. Metode yang digunakan
dalam penelitian yaitu kualitatif. Data yang didapat bersumber dari data
primer dimana peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi
di BRI Syariah KCP Pare.
Hasil dari penelitian ini yaitu segmentasi pasar di BRI Syariah KCP
Pare Kediri masih belum mensegmentasikan nasabah, jika mengikuti teori
yang dijelaskan kotler tentang segmentasi pasar yaitu membagi atau
mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen.
Kenyataannya BRI Syariah KCP Pare hanya melakukan deferensiasi dengan
bank konvensional, belum melakukan segmentasi yang jelas dalam
meningkatkan pemasaran sesuai keinginan nasabahnya. Hubungan variabel
demografi dengan variabel manfaat pada segmentasi pasar masih jarang
dilakukan dalam perbankan syariah, khususnya di BRI Syariah KCP Pare

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2020 09:36
Last Modified: 10 Nov 2020 09:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item