Implementasi Pembelajaran Tajwid dengan Metode UMMI di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun

Nisak, Khoirotun (2020) Implementasi Pembelajaran Tajwid dengan Metode UMMI di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
KHOIROTUN NISAK 210316274.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nisak, Khoirotun. 2020, Implementasi pembelajaran tajwid dengan metode UMMI di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Tajwid, Metode UMMI
Pembelajaran al-Qur’an tentunya harus disertai dengan kaidah atau aturan yang benar, salah satunya dengan menggunakan pembelajaran tajwid. Salah satu pembelajaran tajwid di metode pembelajaran al-Qur’an yaitu metode UMMI yang di dalamnya menerapkan model pembelajaran induktif. Permasalahan yang diangkat dalam peneliti ini adalah persiapan pembelajaran tajwid dengan metode UMMI di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun, tahapan pembelajaran tajwid dengan metode UMMI di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun dan evaluasi pembelajaran tajwid dengan metode UMMI di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui persiapan pembelajaran tajwid pada metode UMMI di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun. (2) Mengetahui tahapan pembelajaran tajwid pada pembelajaran metode UMMI di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun. (3) Mengetahui evaluasi pembelajaran tajwid pada metode UMMI di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis melakukan penelitian di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian di atas ditemukan bahwa (1) Persiapan pembelajaran tajwid yang meliputi persiapan standar guru yaitu tahsin,tashih, sertifikasi. Persiapan kurikulum yang meliputi target program pengajaran al-Qur’an dan tahapan-tahapan belajar mengajar. Persiapan Alat dan sumber seperti alat peraga dan buku, al-Qur’an. (2) Tahapan-tahapan pembelajaran tajwid yang dimulai dari pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi, penutup. (3) Evaluasi pembelajaran tajwid evaluasi internal yang dilakukan oleh koordinator dan sekolah seperti tes kelulusan kenaikan jilid. Sedangkan evaluasi yang kedua adalah evaluasi eksternal yang dilakukan oleh UMMI Daerah dan UMMI Surabaya yang bertugas mendatangi satu semester sekali untuk memeriksa perkembangan lembaga, dan mengetes kelulusan siswa dalam ujian munaqosah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB.Musyafa'Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2020 09:34
Last Modified: 10 Nov 2020 09:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11175

Actions (login required)

View Item View Item