Peningkatan Budaya Religius Melalui Kegiatan Keagamaan bagi Jamaah Masjid Mathlaul Akromiyah di Desa Kiringan Takeran Magetan

Fahzia, Renata Lutfi (2020) Peningkatan Budaya Religius Melalui Kegiatan Keagamaan bagi Jamaah Masjid Mathlaul Akromiyah di Desa Kiringan Takeran Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESES RENATA .pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fahzia, Renata Lutfi. 2020. Peningkatan Budaya Religius melalui Kegiatan Keagamaan bagi Jamaah Masjid Mathlaul Akromiyah di Desa Kiringan Takeran Magetan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo, Pembimbing. Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci:Peningkatan, Kegiatan Keagamaan
Permasalahan kemerosotan nilai, moral, dan akhlak telah menjadi salah satu problematika kehidupan bangsa Indonesia. Menurut pandangan agama, kerusakan moral pada hakekatnya merupakan salah satu tanda jauhnya manusia dari syariat Islam. Solusi atas permasalahan ini adalah menanamkan sikap religius kepada seseorang. Salah satu cara menanamkan nilai-nilai religius maka perlu dibangkitkan kembali peran dan fungsi masjid secara maksimal sesuai ajaran Rasulullah Saw. Untuk itu Masjid Mathlaul Akromiyah membentuk unit kegiatan keagamaan dan diperuntukkan untuk semua kalangan dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai religius melalui berbagai kegiatan keagamaan yang dilaksanakan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian di Masjid Mathlaul Akromiyah di Desa Kiringan Takeran Magetan ini adalah untuk mengetahui: 1) Peningkatan budaya religius melalui kegiatan keagamaan yang dilakukan takmir Masjid Mathlaul Akromiyah Dusun Baheng, 2) Dampak pelaksanaan kegiatan keagamaan yang dilakukan ketakmiran Masjid Mathlaul Akromiyah Dusun Baheng.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Upaya takmir dalam peningkatkan budaya religius jamaah masjid Mathlaul Akromiyah di Desa Kiringan Takeran adalah melalui kegiatan keagamaan. Kegiatan itu adalah Kegiatan Ibadah, seperti Sholat Wajib, Sholat Jum’at, Yasinan, Dzikir dan Tahlil. Kegiatan Sosial Kemasyarakatan, seperti Isra’Mi’raj, Maulid Nabi, tahun baru Islam, Penyembelihan dan Pembagian hewan kurban. Kegiatan Pendidikan yaitu baca tulis Al-Qur’an, dan Kegiatan Kesenian yaitu sholawat dan hadroh dan bela diri PSHT. Semua kegiatan di Masjid Mathlaul Akromiyah bertujuan untuk meningkatkan dan membina masyarakat terutama para remaja yang ada disekitar masjid sebagai tempat membina dan menambah ilmu tentang keagamaan pada setiap diri jamaah. 2)Dampak dari kegiatan keagamaan peningkatan budaya religius bagi jamaah Masjid Mathlaul Akromyah sangat berpengaruh terhadap jamaah, antara lain (a)Kegiatan Ibadah: meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai tempat untuk beramal sholeh,(b)Kegiatan keagamaan: mendekatkan diri kepada Alah Swt, sebagai ungkapan rasa syukur, mensucikan diri dan harta benda, (c)Kegiatan Pendidikan: mampu memahami dan mengamalkan Al-Qur’an,(d)Kegiatan Kesenian: meningkatkan sifat sosial antar sesama umat, menambah pengalaman, memperkuat mental

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2020 06:57
Last Modified: 10 Nov 2020 06:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11163

Actions (login required)

View Item View Item